Sistem tutor untuk membantu siswa dalam mempelajari kemampuan memecahkan masalah yang didasarkan pada strategi Polya telah dikembangkan, dan diterapkan untuk mengajar pemecahan masalah dalam arithmetika berbentuk cerita di Sekolah Dasar. Sistem tutor ini dikembangakan sebagai sebuah model perangkat lunak pendidikan, dimana implementasi dari aspek-aspek pengajaran yang berbeda dipisahkan menjadi bagian-bagian yang terlepas. Sebuah sistem basis-data informasi sederhana telah dikembangkan untuk mendukung model tersebut. Kemudahan dalam hal mengubah-ubah basis data informasi membuat sistem lebih luwes, mudah diadaptasikan dengan kegiatan pengajaran yang lebih luas dan dengan kondisi siswa yang lebih bervariasi. Kemungkinan pengaksesan basis-data informasi secara terpadu dimanfaatkan untuk lebih membuka dialog antara sistem dengan siswa, sehingga informasi pengajaran dapat disajikan dengan lebih murah dan umpan-balik bisa lebih diperkaya. Karakteristik dari sisem dalam operasinya adalah menerapkan konsep belajar hirarki. Teknik pemilihan berhadapan secara khusus dikembangkan untuk mendukung konsep tersebut. Pada saat yang sama sistem juga menerapkan konsep belajar siswa aktif. Siswa selalu ditantang untuk bertanya dan berusaha menjawab soal. Sistem secara cermat menganalisa kesalahan siswa, kemudian memberikan umpan-balik yang tepat dan mengarah. Interaksi antara sistem dengan siswa sepenuhnya dipandu dengan "pull-down menu", sehingga antar-muka pemakai tampak konsisten dan pengoperasian sistem menjadi lebih mudah.