Para penyedia layanan dan jasa saat ini dihadapkan dengan tuntutan pelanggan atas kualitas pelayanan yang semakin tinggi. Kebutuhanperusahaan penyedia layanan dan jasa akan dukungan sistem informasi yang mampu mendukung proses peleyanan langsung ke pelanggan sangat besar. Salah satu sistem informasi yang mampu menangani proses bisnis yang berhubungan langsung ke pelanggan adalah CCBS (Customer Care and Billing System). Pengembangan CCBS pada suatu perusahaan memerlukan biaya yang cukup besar dan kondisi inimendorong adanya kebutuhan justifikasi bagi manajemen sebelum pengambilan keputusan investasi. Pada kenyataannya banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi potensi-potensi manfaat (benefit) apa saja yang dapat diperoleh dari implmentasi CCBS tersebut. Selain itu masih ditemui kesulitan untuk menentukan metode dan asumsi yang tepat untuk kuantifikasi potensi =potensi manfaat tersebut ke dalam perhitungan nilai-nilai ekonomis perusahaan. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah template berbasis metode Information Exonomics untuk memudahkan proses identifikasi potensi manfaat dari implmentasi CCBS oleh perusahaan penyedia layanan dan jasa. Dengan adanya template ini diharpkan proses identifikasi manfaat akan semakin mudah sehingga waktu untuk pembuatan justifikasi implmentasi juga lebih singkat.