ABSTRAK

Tulisan ini mencoba mengemukakan strategi perencanaan sistem dan teknologi informasi untuk bisnis pelelangan online yang berbasis teknologi web. Penerapan bisnis ini di Indonesia memerlukan strategi tersendiri yang disesuaikan dengan kondisi yang ada, seperti jumlah pengguna internet dengan tingkat pertumbuhannya, serta situasi persaingan. Untuk tujuan itulah dibutuhkan suatu strategi perencanaan bisnis dan sistem / teknologi informasi yang matang. Metodologi yang dipakai meliputi penilaian terhadap lingkungan bisnis baik internal maupun eksternal, dan situasi persangingannya,serta pendefenisian kebutuhan informasi strategis sebagai tahapan dalam proses perencanaan strategis. Sedangkan rancangan infrastruktur untuk penerapan bisnis dimulai dari perencanaan kapasistas dan pengetahuan akan teknologi yang tersedia saat tulisan ini dibuat. Analisis keuntungan-biaya juga dilakukan sebagai tinjauan dari aspek ekonomis bisnis pelelangan online ini. Spesifikasi kebutuhan pernagkat keras/ lunak dapat dilihat di dalam tulisna ini, beserta perencanaan kapasitas yang dilakukan berdasarkan asumsi-asumsi yang dapat diterapkan di Indonesia. Ditinjau dari aspek ekonomis, hasil dari analisa dan perhitungan yang dilakukan menunjukan bahwa titik impas bisinis ini dicapai dalam waktu yang relatif cukup lama, jika dilihat dari sudut pandang bisnis. Tetapi tingkat pertumbuhannya secara eksponensial diperkirakan terjadi setelah masa-masa kritits tersebut.