ABSTRAK

Mekanisme pengumpulan tugas dalam kegiatan akademis di lingkungan Fasilkom saat ini sebagian besar masih memakai locker untuk menampung hardcopy dan/atau softcopy yang dikumpulkan oleh siswa. Diberlakukannya penalty terhadap keterlambatan dari batas waktu membutuhkan monitoring setiap interval waktu tertentu. Ini menjadi tidak praktis jika masa keterlambatan melewati akhir pekan atau liburan. Pengumpulan tugas melalui e-mail bisa mengakibatkan tingginya network traffic terutama mendekati batas akhir/datedline. Di samping itu, quota mailbox bisa sangat cepat terpenuhi jika tugas melibatkan ukuran dokumen yang sangat besar. Mekanisme pengumpulan tugas ini akan sangat terbantu jika didukung oleh teknologi informasi yang memadai. Tugas akhir ini berusaha membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mekanisme konvensional di atas, yaitu dengan membuat Drop-in Box system dimana siswa dapat melakukan pengumpulan tugas secara on-line. Untuk mengumpulkan tugas, siswa yang terdaftar dapat meng-upload dokumen yang disyaratkan dalam tugas ke suatu URL tertentu yang telah ditentukan. Sistem akan merekam data "transaksi" berupa login name, daftar dokumen yang di-upload, waktu "transaksi", serta ID yang secara unik dibuat untuk validasi serta mengantisipasi komplain. Data "transaksi" ini selain disimpan dalam sistem juga dihasilkan ke dalam bentuk file yang dapat disimpan ataupun dicetak oleh siswa sebagai tanda terima (receipt) pengumpulan tugas yang sudah dilaksanakan. Segi kepraktisan, keamanan dan pencatatan-waktu (time-stamp) pengumpulan tugas dapat sekaligus terjawab oleh sistem ini. Perancangan Drop-in Box System dilakukan dengan metode pengembangan secara iteratif dengan notasi Unified Modeling Language (UML) berbantuan software tool dari Rational Rose.