ABSTRAK

Dalam era persaingan global dan kompetisi yang semakin ketat saat ini, setiap perusahaan harus mampu melakukan terobosan-terobosan dan inovasi baru serta menggunakan seluruh sarana dan teknologi yang tersedia untuk dapat tetap hidup dan mempertahankan pelanggan yang dimiliki. Sistem Informasi merupakan sarana dan tools yang sering dipilih oleh banyak perusahaan di dunia untuk membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan yang dimiliki dan sebagai alat untuk bersaing. PT ABC sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pemasaran peralatan untuk keperluan industri yang meliputi peralatan mekanik besar dan peralatan elektrik tidak lepas dari persaingan usaha baik yang bersifat lokal maupun secara global atau lintas negara. Dalam industri usaha jasa, sistem informasi merupakan senjata yang paling penting dalam memenangkan persaingan usaha, mengingat informasi merupakan peralatan yang sangat strategis bagi perusahaan dan memerlukan biaya yang besar untuk pengadaan maka penerapannya harus dilakukan dengan perencanaan dan studi yang matang. Tesis ini merupakan suatu studi kasus dari Perencanaan Strategis Sistem Informasi di PT ABC untuk meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan. Dalam tesis ini akan dibahas beberapa hal mengenai perencanaan strategis IS yang meliputi analisa lingkungan usaha, analisa terhadap kebutuhan sistem informasi, mendefinisikan strategi sistem informasi, dan mendefinisikan strategi penerapan dan pemilihan teknologi yang tepat untuk PT ABC. Hasil dari tesis ini akan merupakan suatu dokumen tentang Perencanaan Strategis Sistem Informasi bagi PT ABC yang akan menjadi dokumen acuan bagi perusahaan dalam implementasi perangkat lunak, perangkat keras, serta pemilihan teknologi sistem informasi yang ada saat ini.