Laporan ini disusun sebagai salah satu hasil pelaksanaan Kerja Praktek yang berlangsung dari bulan Juli hingga Oktober tahun 2003 di P.T. Nurulfikri Cipta Solusi (NCS) dengan tema “Re-engineering Aplikasi Helpdesk”. Kerja Praktek ini dikerjakan oleh dua orang dan bersifat take-home work. Helpdesk (disebut juga sebagai PIC: Personnel in Charge) adalah staf organisasi yang bertugas membantu menyelesaikan masalah teknis yang dihadapi oleh anggota organisasi. Helpdesk System (HDS) adalah aplikasi yang dipakai oleh para PIC, yang diharapkan dapat membantu performa PIC dan mempercepat penyelesaian masalah. Sebelumnya, HDS pernah dikembangkan oleh NCS – namun masih minim fitur. Pengembangan HDS di Kerja Praktek ini menggunakan teknologi PHP versi 4.3.1, web server Apache versi 2.0 dengan framework Roadsend-Sitemanager versi 2.4.1. Selain memiliki banyak fitur tambahan, HDS-baru diharapkan menutupi kelemahan sistem yang lama dan menjadi produk NCS yang layak jual. Laporan ini menekankan tentang proses, dan bukan pada produk Kerja Praktek. Isi dari laporan antar lain latar belakang diadakannya Kerja Praktek, persiapan dan pelaksanaan Kerja Praktek, metodologi yang dipakai serta analisa dampak dan kesimpulan dari Kerja Praktek.