Kegiatan pemasaran atau marketing merupakan ujung tombak dari perusahaan yang berorientasi laba (profit oriented). Pengawasan terhadap kegiatan pemasaran mutlak diperlukan agar kegiatan pemasaran berjalan sesuai rencana, dapat memenuhi target dan terawasi dengan baik. PT Petrosa Refrigerant menyadari akan hal tersebut, untuk mengawasi kegiatan pemasarannya PT Petrosa Refrigerant membutuhkan suatu sistem yang dapat mengawasi kegiatan pemasarannya. Sistem tersebut diberi nama Marketing Activity Monitoring System. PT Petrosa Refrigerant adalah merupakan klien dari PT Mekar Asri Mandiri yang merupakan tempat kerja praktek penulis. Tujuan dari sistem ini adalah untuk membantu manajer pemasaran dalam menganalisa dan mengevaluasi kinerja tenaga pemasarannya sehingga dapat dilakukan koreksi terhadap tindakan-tindakan terdahulu sebagai dasar terhadap pengambilan keputusan dalam kegiatan pemasaran selanjutnya. Laporan ini memuat hasil kerja praktek penulis yang meliputi analisa, perancangan sistem, implementasi hingga tahap evaluasi sistem. Penulis yang mewakili PT. Mekar Asri Mandiri untuk membuat sistem bagi kegiatan pemasaran di PT Petrosa Refrigerant sudah membuat sebuah sistem yang siap untuk digunakan oleh pengguna akhir (dalam hal ini bagian pemasaran PT Petrosa Refrigerant). Sedangkan setelah dilakukan pengujian dan evaluasi sistem maka dapat disimpulkan bahwa kesiapan dari sistem ini adalah 90% karena belum termasuk buku panduan dan dokumentasi sistem secara keseluruhan.