ABSTRAK

Dalam menghadapi era globalisasi semua perusahaan berusaha agar dapat beradaptasi terhadap perubahan, baik perubahan terhadap bisnis strategi maupun perubahan terhadap teknologi informasinya agar dapat bersaing. Unit Pembekalan dan Pemasaran Dalam Negeri III (UPPDN III) sebagai salah satu unit bisnis di PERTAMINA yang bergerak dibidang pemasaran, pembekalan dan pendistribusian BBM dan Non BBM mempersiapkan diri dalam mengahdapi persaingan global, dengan memanfaatkan seoptimal mungking perkembangan teknologi Informasi guna meningkatkan daya saing perusahaan. Untuk mendukung hal tersebut perlu dilakukan perencanaan strategis SI/TI yang sesuai dengan strategi bisnis perusahaan dengan memperhitungkan faktor external dan internal dari perusahaan, teknooogi informasi dan prosedur kerja yang ada, pengertian kondisi perusahaan seperti visi, misi, proses bisnis, sistem informasi pendukung yang ada saat ini dan yang akan datang agar sesuai dengan apa yang akan dicapai oleh perusahaan. Pada tesis ini pengumpulan bahan dilakukan dengan Observasi, studi literature dan wawancara. Metode yang digunakan dalam pembahasan adalah the five competitive forces, SWOT, value Chain, Matrix (McFarlan), dan Critical Success Factors. Dengan menggunakan kombinasi dari metode tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan. Hasil perencanaan sistem informasi yang dikaji diperoleh beberapa sistem informasi seperti E_minyak, Sistem Peramalan Pemasaran, Online manager, Sistem Pengolahan Jaringan Distribusi. Sistem informasi tersebut masih membutuhkan penympurnaan oleh tim khusus yang mengetahui bisnis perusahaan dan sistem informasi, agar diperoleh sistem informasi yang snagat selaras dengan strategi bisnis untuk digunakan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dan bersaing.