ABSTRAK

Internet adalah suatu fenomena. Kehadirannya telah merubah dasar-dasar industri, menciptakan keuntungan atau sebaliknya, dan menjadi suatu katalisator bagi perubahan ekonomi dan sosial. Namun Internet saat ini hanyalah suatu awal dari era baru komunikasi berbasis IP, era dari Mobile Internet. Mobile internet akan mentransformasikan industri komunikasi dan membantu terjadinya konvergensi dari teknologi, informasi, sumberdaya, hiburan dan gaya hidup. PT. Telkomsel sebagai operator telepon selular terbesar di Indonesia menyadari arti penting dari internet dengan secara dini telah mengimplementasi WAP (Wireless Application Protocol) sebagai jasa nilai tambah pada layanan telepon selularnya untuk meraih peluang bisnis pada pasar mobile internet. Walaupun implementasi awal dari WAP sudah dimulai, manajemen PT. Telkomsel membtuhkan strategi bisnis dalam menunjang implmentasi WAP tersebut. Salah satunya adalah menentukan faktor-faktor kritikal terpenting yang dapat menjamin keberhasilan implementasi WAP. Tesis ini memberikan faktor-faktor penentu keberhasilan (Critical success Factors) dari obyektif implmentasi WAP dan menganalisanya dengan tujuan membantu manajemen PT. Telkomsel untuk fokus terhadap aktifitas yang paling dirasakan penting dalam pencapaian CSF tersebut. Sebelumnya, tesis ini mengembangkan model bisnis layanan WAP untuk membantu manajemen PT. Telkomsel mengaplikasikan strategi bisnis pada pelayanan WAP.