ABSTRAK

Persaingan yang semakin ketat dalam industri perbankan Indonesia pada saat ini menuntut bank untuk dapat menyususn strategi bisnis yang memperhatikan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya untuk mencapai keunggulan kompetitif. Strategi bisnis ini diharapkan dapat mengantisipasi permasalahan dan kesempatan di masa yang akan datang serta memberikan arah dan tujuan bagi kegiatan bisnis perbankan. Salah satu faktor yang penting untuk menunjang tercapainya tujuan bisnis perbankan adalah keselarasan strategi sistem informasi dengan arah dan tujuan dari strategi bisnis yang telah ditetapkan. Bertolak dari kenyataan tersebut, tesis ini akan mencoba menjabarkan bagaimana cara menyelaraskan strategi sistem informasi dengan strategi bisnis dalam industri perbankan pada umumnya dan Bank Mandiri pada khususnya. Pembahasan akan dilakukan dengan menganalisa strategi bisnis Bank Mandiri dan menyususn strategi sistem informasi berdasarkan hasil analisa strategi bisnis. Analisa strategi bisnis akan dilakukan dengan mempertimbangkan posisi Bank Mandiri dalam lingkungan eksternal maupun internal perusahaan dan sementasi pasar yang dipilih Bank Mandiri. Sedangkan analisa strategi sistem informasi dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu assesment, stategy dan execution. Data yang diperlukan dalam penyususnan tesis ini akan dikumpulkan melalui documentation gathering, literature review dan wawancara ke unit bisnis Bank Mandiri yang terkait yaitu divisi strategic and business performance, divisi product and marketing management, divisi information technology, pihak manajemen dan beberapa divis lainnya yang diperlukan. Selain itu data juga akan dikumpulkan dari pihak ketiga seperti AcNielsen Indonesia dan Bank Indonesia. Kajian ini diharapkan bermanfaat dalam menentukan langkah untuk menyelaraskan strategi sistem informasi dengan strategi bisnis Bank Mandiri dan sebagai bahan masukan bagi perencanaan strategi sistem informasi khususnya di sektor perbankan.