Pelayanan terhadap konsumen adalah salah satu hal penting dalam kegiatan bisnis. Proses pelayanan tersebut dapat berupa pengelolaan laporan atas efek samping yang diakibatkan oleh produk atau obat yang dijual. Pengelolaan ini dilakukan untuk mendukung peningkatan kualitas produk yang diproduksi dan kepuasan konsumen. Realisasi pengembangan sistem pengelolaan efek samping ini membutuhkan analisa dan desain yang baik, sehingga proses implementasi menjadi lebih mudah dan hasilnya sesuai dengan tujuan, keinginan dan harapan pengguna (user). Laporan ini menjelaskan bagaimana sistem ini dikembangkan mulai dari awal sampai siap digunakan oleh pengguna. Pengembangan sistem mengikuti metodologi FAST sehingga aktifitasnya meliputi investigasi awal, analias permasalahan, analisa kebutuhan, analisa keputusan, desain, konstruksi, dan implementasi. Untuk desain data dan proses digunakan Microsoft Visio 2000 sebagai alat bantu. Sedangkan implemetasinya menggunakan Microsoft SQL Server 7.0 untuk database, bahasa program Visual Basic 6.0 yang dipakai untuk membuat interface, Crystal Report 9.0 untuk membuat report dan Adobe Acrobat Reader 5.0 dipakai untuk membuka dokumen.
|
|