Adaptive online test system merupakan sistem ujian terotomasi yang dilakukan secara adaptive, dengan menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan masingmasing peserta ujian. Tujuan dari adaptive online test system adalah menggunakan seminimal mungkin pertanyaan untuk mengestimasi ability peserta ujian. Penelitian ini menitikberatkan pada penerapan item response theory yang dikombinasikan dengan kingsbury and Zara procedure, pada adaptive online test system untuk lingkungan pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU). Penelitian ini dilakukan untuk menjawab apakah kombinasi tersebut mampu menempatkan peserta ujian pada tingkat ability yang berbeda, tanpa mempengaruhi efisiensi ujian. Berdasarkan hasil eksperimen, dapat disimpulkan bahwa adaptive online test system yang dikembangkan dengan menerapkan item response theory dengan two-parameter logistic model, yang dikombinasikan dengan Kingsbury and Zara procedure, mampu menempatkan peserta ujian pada tingkat ability yang berbeda sesuai dengan kemampuannya, tanpa mempengaruhi efisiensi ujian secara signifikan. x + 125 hlm; 95 gbr; 36 tbl; Lampiran A Daftar Pustaka : 17 (1995-2005)