Untuk mempertahankan pelanggan dengan kualitas produk dan layanan yang baik, maka pihak manajemen Telkom mengadakan suatu program yang diberi nama Risalah Inovasi. Saat ini proses penulisan, penilaian, dan penyimpanan masih berlangsung secara manual. Proses manual tersebut mengakibatkan beberapa permasalahan, antara lain tidak seragamnya format penulisan risalah, diperlukan waktu yang lama untuk menilai risalah, dan tidak terkoordinirnya dokumen-dokumen risalah yang masuk. Pihak Telkom membutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi yang dapat menangani proses penulisan, penilaian, dan penyimpanan risalah. Pengembangan yang dilakukan terhadap aplikasi Sistem Informasi Risalah Inovasi Online ini secara garis besar meliputi penyediaan fasilitas penulisan risalah yang sesuai dengan format yang berlaku, fasilitas penilaian risalah, fasilitas lihat report risalah, dan fasilitas penyimpanan risalah secara digital. Pelaksanaan kerja praktek telah mencapai tujuan kerja praktek yaitu untuk mendapatkan tenaga kerja bantuan untuk mengembangkan salah satu aplikasi Intranet yang ada di Telkom, yaitu Sistem Informasi Risalah Inovasi Online, untuk mempermudah proses penulisan dan penilaian risalah. Sistem ini juga dapat membantu melakukan penyimpanan (inventory) terhadap risalah-risalah yang telah dibuat oleh pegawai Telkom.