PT. Aneka Tambang, Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara dengan ribuan karyawan yang bekerja di berbagai lokasi di Indonesia. Besarnya jumlah karyawan yang bekerja di PT. Aneka Tambang, Tbk merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Di sisi lain kondisi karyawan yang tidak prima, baik secara fisik maupun mental, tentunya akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Oleh karena itu, PT. Aneka Tambang, Tbk memberikan pelayanan kesehatan bagi karyawan dan seluruh keluarga besar PT. Aneka Tambang, yang meliputi pensiunan, keluarga pegawai dan keluarga pensiunan. Namun, proses administrasi pembiayaan kesehatan yang selama ini dikerjakan di PT. Aneka Tambang, Tbk masih dilakukan di sebuah sistem berbasis console dengan dukungan kenyamanan penggunaan yang rendah dan kemampuan sistem yang tidak mencakup seluruh bagian proses administrasi pembiayaan kesehatan. Selain itu, sistem lama mengalami masalah kompatibilitas dengan sistem operasi terbaru yang digunakan perusahaan. Akibatnya proses administrasi pembiayaan menjadi tidak efisien. Oleh karena itu, dikembangkanlah suatu sistem informasi yang diberi nama Sistem Administrasi Pembiayaan PT. Aneka Tambang ,Tbk Kantor Pusat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.