ABSTRAK

Sebagai perusahaan penyedia jasa Internet, PT IM2 harus dapat memberikan pelayanan yang sempurna (service excellence) bagi para pelanggannya. Saat ini sistem informasi dan teknologi informasi yang tersedia belu dimanfaatkan secara maksimal sehingga efisiensi dan efektifitas penggunaan sistem informasi dalam menjalankan proses bisnis yang ada belu optimal. Agar sistem informasi dan teknologi informasi dapat mendukung strategi perusahaan maka IM2 memerlukan perencanaan strategis sistem informasi untuk memperoleh informasi dan gambaran yang tepat mengenai kebutuhan sistem informasi dan teknologi informasi yang mampu memberikan keunggulan daya saing. Metodologi yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah metodologi yang dikemukakan oleh Ward dan Peppard sebagai dasar konsep perencanaan strategis sistem informasi dan menggunakan aplikasi-aplikasi praktis yang dikemukakan oleh Price Waterhouse dan Tozer. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap input, analisa dan output. Pada tahap input dilakukan identifikasi visi / misi dan pengumpulan data. Pada tahap analisis dilakukan analisis lingkungan bisnis dan analisis lingkungan sistem informasi. Dan tahap output dirumuskan misi dan strategi SI/TI serta strategi manajemen sistem informasi. Dari hasil analisis dalam penulisan tesis, maka critical success factor yang teridentifikasi supaya IM2 memiliki kemampuan bersaing (competitive advantage) antara lain adalah meningkatkan pemanfaatan sistem informasi dengan melakukan pemilihan teknologi yang tepat dan sesuai kebutuhan dan mnyediakan sistem informasi yang handal untuk mendukung prosess bisnis. Sedangkan rekomendasi portfoio SI/TI IM2 untuk masa tiga tahun mendatang adalah dengan mnyediakan CRM (Customer Relationship Management) dan ERP (enterprise resource planning) untuk mendukung kinerja perusahaan.