ABSTRAK

Ketika pemerintah dan rumah sakit masih terfokus pada masalah angka tempat tidur, permintaan mendasar mengenai layanan medis telah berubah dengan sangat cepat, yaitu tuntutan akan kualitas dan akses layanan kesehatan dan juga transparansi publik. Tuntutan-tuntutan tersebut mempertanyakan peran teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) dalam meningkatkan layanan medis rumah sakit. Penelitian ini dilakukan untuk membuat gambar (snap shot) mengenai bagaimana ICT dimanfaatkan di rumah sakit. Hasilnya akan memberikan peta bagi peningkatan layanan kesehatan masyarakat melalui pendayagunaan ICT. Berdasarkan hasil penelitian, kami menemukan bahwa ICT hanya berperan sebagai Support, tidak dalam posisi strategis untuk meningkatkan layanan medis rumah sakit. Para pemilik dan pengelola rumah sakit harus mengkaji ulang rencana ICT jangka pendek, menengah, dan panjangnya agar selaras infrastruktur ICTnya dengan visi baru layanan medis sebagaimana yang dituntut... Pemilik dan pengelola rumah sakit juga perlu menelaah kemungkinan memperoleh keuntungan dari aliansi dan outsourcing untuk memperkokoh infrastruktur ICT. Di lain pihak, pemerintah harus menyediakan infrastruktur publik yang lebih baik disertai dengan kebijakan publik yang mendukung dunia layanan kesehatan.