PT. Kartika Samudra Adijaya bergerak di bidang penyediaan jasa angkutan untuk pengangkutan batubara. PT. Kartika Samudra Adijaya adalah salah satu perusahaan yang terus berkembang dengan pesat, terbukti dari jumlah kepemilikan kapal yang kian bertambah dari tahun ke tahun. Bertambahnya aset suatu perusahaan mengakibatkan pemantauan yang biasa dilakukan oleh para eksekutif menjadi semakin sulit. Beberapa tahun yang lalu pengelolaan aset dengan cara manual pada PT. Kartika Samudra Adijaya masih memungkinkan untuk dilakukan. Kini seiring dengan berkembangnya perusahaan, hal tersebut menjadi semakin sulit. Perusahaan ini juga memiliki cabang di berbagai kota sehingga tidak memungkinkan pemilik perusahaan maupun eksekutif di Jakarta untuk memeriksa secara rutin keadaan perusahaannya di daerah. Sistem Informasi Manajemen Kapal ShipSMaRT (Shipping Management and Repair & Maintenance) dibangun untuk menjawab permasalahan tersebut. Sistem ini berfungsi untuk melakukan pengelolaan aktivitas operasional kapal sekaligus pemantauan aset kapal dan sumber daya yang berhubungan secara langsung dengan kapal seperti ABK (Anak Buah Kapal), dokumen, maupun jadwal perbaikan dan pemeliharaan. Di samping itu, diharapkan penyimpangan penggunaan sumber daya dapat terpantau dengan mudah. Laporan ini membahas mengenai kerja praktek pada PT. Kartika Samudra Adijaya untuk melakukan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kapal ShipSMaRT pada bagian modul pengelolaan kapal dan atributnya. Pembangunan sistem tersebut menggunakan metodologi Iterative Waterfall sabagai dasar pengembangannya.