Dalam melaksanakan tugasnya untuk melakukanjasa pengiriman barang, PT. Speedmark Transportation Indonesia memberikan pelayanan dalam hal komunikasi menginformasikan biaya pengiriman barang kepada calon pelanggan atau pelanggan. Saat ini PT. Speedmark Transportation Indonesia melakukan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan biaya pengiriman barang dengan cara manual, sehingga akan memperlambat dan menghambat proses kerja. Untuk itu perlu dibangun suatu sistem informasi berbasiskan web yang menangani proses kerja yang berhubungan dengan biaya pengiriman barang. Kerja praktek dengan topik ?Sistem Informasi Biaya Pengiriman Barang? adalah solusi untuk mengatasi permasalahan di atas. Kerja praktek ini bertujuan untuk membuat suatu sistem informasi berbasis web. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan Sistem Informasi Biaya Pengiriman Barang ini adalah metodologi spiral. Tahapan yang dilakukan dalam kerja praktek ini hanya tahapan perencanaan, analisis kebutuhan, perancangan, dan implementasi sistem. Tahapan pemeliharaan sistem dilakukan di luar waktu pelaksanaan kerja praktek karena keterbatasan waktu. Hasil yang diperoleh dari kerja praktek ini adalah suatu Sistem Informasi Biaya Pengiriman Barang yang dapat menangani proses bisnis yang berhubungan dengan biaya pengiriman barang. Sistem Informasi Biaya Pengiriman Barang tersebut memiliki beberapa fitur, yaitu fitur untuk mencari biaya, manajemen data biaya, manajemen perusahaan penerbangan, manajemen carrier agent, manajemen relasi antara perusahaan penerbangan dan carrier agent, manajemen tempat, dan membuat surat. Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan selanjutnya adalah adanya penambahan fitur, seperti fitur untuk menginformasikan user apabila ada biaya pengiriman barang yang hampir habis masa berlakunya, fitur mengirim email dan sebagainya. Dengan demikian diharapkan fungsi Sistem Informasi Biaya Pengiriman Barang menjadi lebih lengkap, sehingga PT. Speedmark Transportation Indonesia dapat mengoptimalkan pelayanannya kepada calon pelanggan dan pelanggan. 2
|
|