Salah satu proyek internal yang sedang dikerjakan oleh PT. Sun Microsystems Indonesia (SMI) adalah Revitalisasi IntranetWorkspace PT. SMI dimana salah satu bagiannya adalah sistem Support Service. Sistem ini akan digunakan dalam rangka menunjang kegiatan support service yang dilakukan oleh SMI. Sistem ini terdiri dari aplikasi yang berfungsi untuk mengatur dan mengolah data seputar kegiatan support service. Aplikasi akan dibangun sebagai sebuah portlet yang berbasiskan framework Java Server Faces yang dibuat dengan menggunakan Java Studio Creator 2. Portlet tersebut akan diintegrasikan ke dalam sebuah aplikasi portal milik SMI. Proses pengembangan sistem Support Service dikerjakan oleh dua orang dengan menggunakan metodologi Feature Driven Development yang merupakan metodologi yang berfokus kepada tur- tur yang ada pada aplikasi dari sistem yang akan dibuat. Pembagian tugas antara dua pengembang ini berada dalam masa pembuatan rancangan dan implementasi tur-tur yang ada. Sedangkan proses analisis secara umum dilakukan berdua. Laporan ini berisikan pembahasan kerja praktek pada SMI dalam rangka pengembangan sistem Support Service. Bagian aplikasi yang dikerjakan merupakan bagian penampilan dan pembuatan laporan dari data-data yang ada, serta beberapa bagian untuk memasukkan data. Tahapan yang dilakukan dalam kerja praktek ini mengikuti tahapan pada Feature Driven Development yang akan dijelaskan lebih detil dalam setiap bab yang ada pada laporan ini. ii