ABSTRAK

ABSTRAK Suatu Aplikasi yang menangani permasalahan yang bersifat umum biasanya memiliki banyak kesamaan – commonality – yang mendasar antara satu dengan yang lainnya dan juga beberapa perbedaan dalam data-data aksesoris tambahannya (various things – variant) tergantung dari kebutuhannya. Contohnya Aplikasi Human Resource atau Accounting yang dibangun dalam industri yang berbeda, akan memiliki kesamaan yang mendasar dan variasi perbedaan, baik dalam hal penyimpanan data, proses yang dilakukan maupun laporan yang dihasilkan. Aplikasi Human Resource biasanya akan menyimpan data-data yang umum seperti Kode Pegawai yang unik, Nama Pegawai, Tanggal lahir dan data-data lain yang relatif hampir sama, serta data-data yang khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Sungguhpun demikian, seringkali pembangunan aplikasi baru dalam hal pengelolaan karyawan ini, dimulai dari awal siklus hidup pengembangan perangkat lunak, sehingga tentu saja akan menyita banyak waktu yang sebenarnya terbuang percuma karena tidak lebih dari sekedar pengulangan apa yang pernah dilakukan sebelumnya (reinvent the wheel). Thesis ini ditujukan untuk mencari suatu cara bagaimana untuk mempercepat pembangunan ulang suatu produk aplikasi yang pernah dibuat sebelumnya, dengan beberapa variasi kebutuhan sesuai pada tempat yang baru, dengan tidak mengabaikan kebutuhan dasar sistem tersebut. Dengan meneliti tahapan analisa dan desain pada siklus pembangunan perangkat lunak, mengkaji konsep keberagaman dan menelaah katalog Design Patterns dari Gamma, et al [GAM95], maka penulis melakukan langkah-langkah pengambilan contoh dari dua domain, menganalisa dan mendesain dengan orientasi obyek, hingga mendapatkan diagram desain kelasnya. Selanjutnya melakukan analisa persamaan dan perbedaan pada keduanya, dan dengan mengambil pola yang cocok serta menerapkannya untuk memecahkan permasalahan kesamaan dan perbedaan ini, kemudian membuat prototype penerapan pada aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman VB.Net. “Deliverable” dari tesis ini adalah penerapan pola dari Desain Patterns untuk memecahkan permasalahan kesamaan dan perbedaan yang terdapat pada sebuah aplikasi umum, sehingga akan terbentuk suatu struktur mendasar yang relatif tidak memerlukan perubahan pada pembangunan aplikasi dan struktur tambahan yang tergantung dari kebutuhan spesifik masing-masing industri. Prototype aplikasi dalam tesis ini akan menjelaskan kelas abstrak induk dan varian berikutnya, serta form yang menginstansiasi kelas abstrak varian sesuai dengan kebutuhannya. Kata kunci: Commonality and Variant, Human Resource Information System, Design Patterns vii+90 halaman; 23 gambar Daftar acuan: 9 (1994-2002)