Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-0566 (Softcopy T-235)
Collection Type Tesis
Title Analisis, pemodelan dan perbaikan proses bisnis pengelolaan starter pack dan voucher: studi kasus pada divisi card management Indosat [Analysis, Modelling and Business Process Improvement of starter pack and voucher Management: case study at card management division indosat)
Author Supikoh;
Publisher Jakarta: Pascasarjana MTI, 2007
Subject Management system report
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-0566 (Softcopy T-235) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 15772
ABSTRAK Pada tahun 2003 Indosat melakukan penggabungan antara Indosat, Satelindo dan IM3 (Indosat MultiMedia Mobile), sehingga sumber daya yang dimiliki Indosat menjadi semakin banyak. Penggabungan ini menyebabkan Indosat merubah visi perusahaan yaitu menjadi menjadi penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi terpadu yang mempunyai fokus pada bidang telekomunikasi seluler/nirkabel, sehingga semua kebijakan perusahaan diarahkan untuk menjadi perusahaan penyelenggara telepon seluler yang dapat memberikan jasa dan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Salah satu kebijakan yang diambil Indosat adalah melakukan peningkatan fungsi back office. ( Dokumentasi perusahaan Indosat tentang restrukturisasi, 2006: 1). Salah satu fungsi back office adalah aspek yang terkait dengan proses aktivasi pelanggan baru yang menyangkut kesiapan Starter Pack (SP) dan voucher untuk dapat digunakan oleh pelanggan tanpa mengalami hambatan. Kemudahan pelanggan untuk mendapatkan SP dan voucher merupakan hal penting yang menjadi perhatian bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan pangsa pasarnya. Divisi Card Management merupakan divisi yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan SP dan voucher di pasar. Jenis produk yang dikelola oleh divisi Card Management adalah Matrix, Mentari, Smart dan StarOne, dimana Matrix merupakan pelayanan telekomunikasi seluler pasca bayar, sedang Mentari, Smart dan StarOne merupakan pelayanan telekomunikasi seluler prabayar. Sebelum penggabungan perusahaan Sistem Informasi yang mengatur pengelolaan SP dan voucher untuk Mentari adalah Cardio, sedang Smart dikelola oleh CIS (Card Information System). Setelah penggabungan Indosat menetapkan kebijaksanaan untuk menggunakan Cardio sebagai sistem informasi yang akan mengelola SP dan voucher untuk produk Mentari dan Smart. Hal ini membutuhkan kajian untuk melakukan perbaikan proses bisnis pengelolaan SP dan voucher dengan memanfaatkan Cardio. Analisis proses bisnis diawali dengan pemetaan proses bisnis yang sedang berjalan, kemudian menganalisa kemungkinan perbaikan yang dapat dilakukan. Perbaikan proses bisnis pada divisi Card Management dibantu dengan penggunaan sistem informasi yang ada yaitu Cardio, dengan melakukan penambahan modul Inventory Management System, Distribution Management System dan beberapa fitur yang terdapat Production Management System. Dari hasil simulasi diperoleh manfaat setelah terjadi perbaikan proses bisnis pada fungsi card management, yaitu terjadi penurunan waktu pemakaian sumber daya sebesar 41,74% dan biaya pemakaian sumber daya sebesar 40,69%, sehingga jumlah voucher yang dapat disalurkan dalam 1 kuartal meningkat dari 67 juta menjadi 96 juta dan jumlah SP (starter pack) dari 2,3 juta menjadi 3,2 juta. Kata Kunci : Penggabungan Perusahaan, Perbaikan Proses Bisnis, Card Management System, Cardio