Call Number | T-0845 (Softcopy T-0499) |
Collection Type | Tesis |
Title | Perancangan e-dealer sebagai acuan implementasi e-business pada bisnis dealer kendaraan |
Author | Muhammad Faruq Ulinuha; |
Publisher | Jakarta: Pascasarjana MTI UI, 2009 |
Subject | E- business ; |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-0845 (Softcopy T-0499) | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Muhammad Faruq Ulinuha Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Perancangan E-Dealer Sebagai Acuan Implementasi E-Business Pada Bisnis Dealer Kendaraan Peran Internet saat ini telah banyak memberikan manfaat di dalam bisnis, mulai dari peningkatan efisiensi waktu, komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik, hingga pencapaian efisiensi biaya yang signifikan. Melihat potensi ini, pihak manajemen CV.X tertarik untuk memperluas pangsa pasar bisnis melalui pemanfaatan Internet dengan membangun sebuah solusi E-dealer. Berdasarkan inisiatif tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yakni merancang solusi E-dealer yang tepat yang dapat dijadikan acuan pengimplementasian e-business pada bisnis dealer motor CV.X. Perancangan solusi E-dealer diawali dengan membangun strategi bisnis yang cocok untuk diterapkan pada E-dealer. Strategi tersebut dibangun berdasarkan hasil analisis terhadap tren, pelanggan, persaingan di dalam industri, dan kondisi bisnis saat ini meliputi faktor internal yakni kekuatan dan kelemahan perusahaan maupun faktor eksternal yakni peluang dan ancaman yang ada di dalam industri. Fungsionalitas yang ada pada solusi E-dealer diturunkan dari peluang-peluang yang dapat diberikan kepada pelanggan berdasarkan prosesproses yang dilakukan dengan mengacu pada value proposition yang dibangun. Perancangan solusi E-dealer dilakukan menggunakan pola-pola e-business yang terdiri dari arsitektur konsepsual, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknis. Kata Kunci: e-dealer, e-business, pattern xiii + 112 halaman; 29 tabel; 48 gambar