Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1430 (softcopy T-1139) MAK PI-230 TR-CSUI-102
Collection Type Tesis
Title Perancangan Model dan Prototipe Dasbor Analisis Pembelajaran untuk Mendukung upaya Pengembangan Self-Regulated Learning yang Berkelanjutan di Pendidikan Tinggi
Author Jhans Michael;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2025
Subject self-regulated learning
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1430 (softcopy T-1139) MAK PI-230 TR-CSUI-102 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 56242
ABSTRAK

Nama : Jahns Michael Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Perancangan Model dan Prototipe Dasbor Analisis Pembelajaran Untuk Mendukung Upaya Pengembangan Self-Regulated Learning yang Berkelanjutan Di Pendidikan Tinggi Pembimbing : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Self-regulated learning merupakan kemampuan individu untuk mengelola pembelajarannya sendiri secara kognitif dan motivasional, merupakan kompetensi krusial bagi mahasiswa dalam lingkungan pembelajaran berpusat pada mahasiswa dan dalam membentuk pembelajar sepanjang hayat. Meskipun berbagai intervensi telah dilakukan untuk meningkatkan self-regulated learning mahasiswa, tantangan dalam pengembangan berkelanjutan tetap ada. Integrasi yang efektif antara kompetensi self-regulated learning, intervensi pembelajaran, dan pengukuran yang tepat masih menjadi kendala. Lebih lanjut, dosen sebagai agen utama dalam peningkatan self-regulated learning seringkali memiliki beban kerja yang berat, mengakibatkan inisiatif pengembangan self-regulated learning menjadi terbatas. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini mengusulkan pengembangan dasbor analisis pembelajaran sebagai solusi untuk mendukung pengembangan self-regulated learning mahasiswa secara berkelanjutan. Dasbor analisis pembelajaran dirancang sebagai alat pemantauan yang efisien bagi dosen dan sebagai alat pemantauan mandiri bagi mahasiswa, memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih efektif dan terukur. Namun, pengembangan dasbor analisis pembelajaran memerlukan pendekatan holistik yang mempertimbangkan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dan terintegrasi dengan proses bisnis yang sudah ada. Hal ini penting untuk memastikan adopsi dan implementasi dasbor analisis pembelajaran yang berkelanjutan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan gabungan soft system dan hard system. Pendekatan soft system, khususnya Soft Systems Methodology, digunakan untuk membangun model konseptual strategi pemanfaatan dasbor analisis pembelajaran. Proses ini melibatkan dua kajian literatur sistematis dengan protokol Kitchenham dan wawancara semi-terstruktur dengan enam pakar SRL untuk membangun pemahaman awal. Selanjutnya, studi kasus di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dengan delapan dosen untuk menghasilkan rich picture, root definition, dan model strategi pemanfaatan dasbor analisis pembelajaran. Model strategi yang dihasilkan mencakup proses orientasi berupa pelatihan pengembangan self-regulated learning dan pembelajaran yang terintegrasi dengan pemanfaatan dasbor analisis pembelajaran, serta kriteria keberhasilan strategi tersebut. Pendekatan hard system dengan User-Centered Design, digunakan untuk merancang dan mengembangkan prototipe dasbor analisis pembelajaran yang diberi nama Regulate. Proses User-Centered Design melibatkan identifikasi kebutuhan dari 20 mahasiswa melalui wawancara, perancangan prototipe menggunakan Figma, dan evaluasi usability menggunakan platform Maze serta kuesioner PSSUQ, perceived usefulness, dan intention to use. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat keberhasilan skenario yang tinggi dan skor positif pada kuesioner PSSUQ (rata-rata 6,34 dari 7), perceived usefulness (rata-rata 4,59 dari 5), dan intention to use (rata-rata 4,64 viii Universitas Indonesia dari 5), mengindikasikan penerimaan yang baik dari prototipe Regulate. Sebagai kesimpulan, penelitian ini berhasil menghasilkan model strategi pemanfaatan DAP dan prototipe Regulate untuk mendukung pengembangan self-regulated learning mahasiswa. Penelitian selanjutnya akan difokuskan pada pengembangan dasbor analisis pembelajaran untuk dosen dan adaptasi kuesioner untuk mengukur kriteria keberhasilan strategi yang telah dirumuskan, sehingga model strategi dapat diimplementasikan secara utuh dan berkelanjutan.