Call Number | KP-1077 (Softkopi KP-641) SCKP-tidak ada |
Collection Type | Kerja Praktek (KP) |
Title | JPK knowledge center di PT Jamsostek (Persero) |
Author | Muhammad Ghafur AWS; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2010 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KP-1077 (Softkopi KP-641) SCKP-tidak ada | TERSEDIA |
Divisi Jaminan Pemeriksaan Kesehatan (JPK) merupakan salah satu divisi yang terdapat di PT. JAMSOSTEK (Persero). Divisi ini memberikan layanan pemeriksaan kesehatan bagi tenaga kerja yang telah menjadi peserta. Dalam melaksanakan tugasnya, divisi JPK terkadang perlu melakukan koordinasi antarkantor cabang, kantor wilayah maupun dengan kantor pusat. Selain itu, perlu terdapat sebuah pusat informasi mengenai peraturan, kebijakan maupun petunjuk pelaksanaan dalam memberikan layanan kesehatan terhadap tenaga kerja. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi yang dapat mendukung proses koordinasi tersebut dan menjadi pusat acuan informasi dalam memberikan layanan kesehatan. JPK Knowledge Center yang dikembangkan merupakan salah satu pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung proses koordinasi dan pusat informasi bagi divisi JPK. JPK Knowledge Center ini terdiri dari 4 modul utama : 1. Modul Knowledge Base, merupakan modul yang berisi prior knowledge yang telah dimiliki oleh divisi JPK, misalnya keluhan dan solusi dari contoh kasus pelayanan kesehatan tenaga kerja. 2. Modul Forum Komunikasi, merupakan modul yang digunakan untuk koordinasi antarkantor cabang, kantor wilayah maupun kantor pusat dalam menyelesaikan permasalahan pelayanan kesehatan tenaga kerja. Modul ini digunakan oleh internal karyawan divisi JPK. 3. Modul Chatting, merupakan modul yang digunakan sebagai sarana komunikasi langsung antara karyawan divisi JPK. 4. Modul Informasi Umum, merupakan modul yang berisi informasi mengenai peraturan, kebijakan dan petunjuk pelaksanaan dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap tenaga kerja.