Call Number | KA-107 (Softcopy KA-107) |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Perancangan data warehouse dan penerapan data mining pada sistem interkoneksi telekomunikasi studi kasus PT. XYZ |
Author | Mohammad Yusuf Ma'ruf; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2011 |
Subject | Data Warehouse, Data Mining |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-107 (Softcopy KA-107) | Indonesia | TERSEDIA |
Persaingan di industri telekomunikasi semakin ketat, yang membuat semua pelaku di industri memikirkan strategi yang dapat menjaga kestabilan bisnis perusahaan. Data merupakan aset utama yang dimiliki oleh PT. XYZ, yang merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi, yang memiliki ukuran data yang besar dan telah menggunakan database untuk mengelolanya. Namun, untuk saat ini banyak data dalam ukuran besar yang belum secara optimal diolah menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada PT. XYZ dalam pengumpulan data ke terorganisasi sumber data (data warehouse) dan menggali informasi yang berguna melalui penerapan data mining. Penelitian ini melalui beberapa tahapan, antara lain menelaah kebutuhan bisnis dan informasi, pengumpulan data, mengkaji studi literatur yang berkaitan, menelaah data dilanjutkan dengan merancang data warehouse, dan pada tahap terakhir penerapan data mining. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi hanya kualitas dan kinerja pada interkoneksi antar perusahaan telekomunikasi. Pada tahap pengimplementasian data warehouse dan data mining menggunakan tools Microsoft SQL Server 2008 dan Rapidminer. Hasil yang diperoleh dari penerapan data warehouse adalah membantu melihat informasi kinerja jaringan interkoneksi dengan lebih cepat, detil dan otomatis. Sedangkan penerapan data mining melalui teknik time series analysis membantu perusahaan dalam memprediksi penambahan kapasitas kanal suara pada jaringan interkoneksi dan membantu pihak pemasaran menentukan saat yang tepat dalam melakukan promo.