Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1006 (Softcopy SK-487)
Collection Type Skripsi
Title Analisis dampak diseminasi informasi pada media sosial dalam pegelolaan brand (brand management): studi kasus pada perusahaan Tendencies dan Locoshop
Author Winahyu Anggoro;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2011
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1006 (Softcopy SK-487) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 35265
Brand Management adalah suatu proses yang krusial dilakukan oleh perusahaan dalam membangun nilai kompetitif pada setiap produknya. Dalam proses brand management, salah satu aktivitas yang tidak dapat dihindari adalah diseminasi atau penyebaran informasi terkait produk. Aktivitas itu dilakukan demi memberikan stimulasi informasi agar setiap pelanggan dapat mempertimbangkan nilai-nilai positif seperti keunggulan harga maupun keunggulan fitur dari produk yang diberikan. Terkait pada jaman modern ini, tumbuhnya berbagai media online telah memberikan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan menengah untuk mengeksplorasi cara dan metode yang efektif untuk melakukan penyebaran informasi secara online. Salah satu media online yang dinilai cukup efektif dan efisien pada konteks ini adalah media sosial, karena penggunaannya yang umumnya bersifat engaging dan dinamis, serta jangkauannya yang luas. Media sosial yang secara spesifik diteliti pada penelitian ini adalah Facebook dan Twitter, di mana media tersebut mempunyai base pengguna yang besar di Indonesia. Terkait dengan proses brand management yang telah didefinisikan, peneliti akan mengfokuskan penelitian pada industri garment dan apparel, sebagai salah satu industri yang mempunyai aktivitas yang cukup kompetitif pada ranah dunia media sosial dan memiliki pengalaman minimal 2 tahun dalam pengelolaan informasi pada media sosial,yaitu perusahaan Tendencies dan LOCOSHOP. Peneliti akan berusaha untuk meneliti proses formulasi informasi terkait produk dan layanan yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan, serta menilai dampak dari aktivitas tersebut dilihat dari beberapa parameter yaitu product awareness, intention to buy, ikatan terhadap merk, dan customer satisfaction dilihat dari sudut pandang pelanggan perusahaan yang menerima informasi.