Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2614 (softcopy SK-2095)
Collection Type Skripsi
Title Perancangan dan evaluasi desain antarmuka manajemen housing: solusi digital untuk pengelolaan manajemen user -centered design
Author Khansa Jovita, Jessica Aulia, Ravena Meilani;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2025
Subject User-Centered Design, Desain Prototipe
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2614 (softcopy SK-2095) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 56302
ABSTRAK

Nama Mahasiswa : Khansa Jovita, Jessica Aulia, Ravena Meilani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Perancangan dan Evaluasi Desain Antarmuka Manajemen Housing: Solusi Digital untuk Pengelolaan Manajemen dan Operasional dengan menggunakan User-Centered Design Pembimbing : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Satrio Pradono Suryodiningrat, S.Kom.,M.T.I. Pertumbuhan sektor sewa housing seperti kos, kontrakan, dan apartemen di Indonesia menghadirkan sebuah tantangan baru dalam pengelolaan manajemen dan operasional housing. Pemilik housing sering mengalami kendala dalam mencatat pembayaran, mengelola dokumentasi dari keluhan penyewa, serta menjaga komunikasi yang mudah dan cepat. Di sisi lain, penyewa membutuhkan layanan yang mudah dan dekat dengan wilayah sewa. Saat ini, terdapat beberapa aplikasi pengelolaan housing, namun tidak mencakup pada keseluruhan manajemen dan operasional housing. Untuk mendukung kebutuhan tersebut, dibutuhkan rancangan desain yang mengintegrasikan seluruh kebutuhan baik dari pihak pemilik maupun penyewa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengevaluasi desain antarmuka yang mendukung proses manajemen dan operasional housing dengan menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD). Penelitian ini menggunakan dua peran pengguna, yaitu pemilik dan penyewa housing. Penelitian dimulai dengan proses riset pengguna untuk mengeksplorasi kebutuhan pemilik dan penyewa melalui analisis data kuesioner dan wawancara. Pada sisi pemilik housing, ditemukan kebutuhan dalam mengelola housing. Berdasarkan kebutuhan tersebut, dihasilkan enam fitur yang terdiri dari fitur Login dan Register, fitur Forum Informasi, fitur Layanan, fitur Laporan Keuangan, fitur Komplain, fitur Profil, dan fitur Chat Pribadi dan Broadcast. Fitur tersebut menerapkan prinsip desain Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design dengan tujuan dapat menghasilkan desain yang sesuai dengan pedoman secara baik dan benar. Selanjutnya, hasil rancangan desain prototipe akan dievaluasi menggunakan metode usability testing dan wawancara kontekstual. Hasil dari evaluasi pada metode usability testing mayoritas memiliki tingkat keberhasilan 100%, serta tingkat keberhasilan terendah sebesar 66.67%. Hasil evaluasi desain dari kedua metode tersebut, diperoleh dua belas solusi perbaikan desain. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memudahkan pemilik dan penyewa housing untuk mengelola sewa housing serta membantu merancang aplikasi pengelolaan manajemen dan operasional housing.