Call Number | KA-260 (Softcopy KA-259) |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Analisis faktor-faktor penerimaan salesman dalam implementasi sistem informasi prospect management system berdasarkan konsep technology acceptance model (TAM): studi kasus PT. Hyundai Mobil Indonesia |
Author | Andy Achmad H.; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2012 |
Subject | Prospect Management System (PROMSYS) |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-260 (Softcopy KA-259) | Indonesia | TERSEDIA |
Perkembangan industri otomotif di negeri ini berkembang luar biasa. Hal ini sangat menarik dan memberikan harapan besar bagi PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) selaku pemegang tunggal merek Hyundai di Indonesia. Pemanfaatan peluang tersebut harus disertai dengan aktivitas bagian Penjualan dan Pemasaran (Sales and Marketing) untuk lebih agresif, terencana, termonitor dengan baik dan evaluasi berkesinambungan. Aktivitas dari masing-masing individu di bagian penjualan (salesman) juga memegang peranan kunci yang sangat penting. Aktivitas yang dimaksud diantaranya adalah mulai dari aktivitas harian tiap salesman dalam upaya memasarkan produk Hyundai, mencari calon pelanggan (prospect customer) yang meliputi pendataan data calon pelanggan, tipe atau jenis dan warna mobil yang dikehendaki. Data ini sangatlah berharga, karena selain untuk memonitor aktivitas salesman tersebut sekaligus sebagai data proyeksi penjualan. Teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam mendukung aktivitas tersebut diatas. Untuk itulah kemudian diimplementasikan sebuah sistem informasi yang digunakan untuk mencatat aktivitas tiap salesman, dan hasil entry data tersebut selanjutnya digunakan untuk evaluasi sekaligus perhitungan proyeksi penjualan. Sistem informasi ini adalah Prospect Management System (PROMSYS), yang telah diimplementasikan sejak tahun 2010. Hal ini adalah salah satu strategi bagi PT. HMI untuk meningkatkan produktivitas tiap salesman serta menjadi informasi bagi proyeksi penjualan sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan kendaraan yang berarti meningkatkan pendapatan bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji seberapa besar tingkat penerimaan salesman (salesman acceptance) dalam implementasi sistem Informasi Prospect Management System (PROMSYS) berdasarkan Konsep Technology Acceptance Model (TAM), pada PT. Hyundai Mobil Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan 4 (empat) cara yakni melakukan wawancara informal, pengisian kuesioner, pengamatan langsung dan analisa data laporan bulanan PROMSYS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan, inspirasi dan referensi yang berharga dalam upaya memajukan PT. HMI.