Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1273(SOFTCOPY SK-755)
Collection Type Skripsi
Title Usability testing dan rekomendasi pengembangan student centered e-learning environment Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Author Inas Sofiyah Junus;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer, 2014
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1273(SOFTCOPY SK-755) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 41964
ABSTRAK Nama : Inas Sofiyah Junus Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Usability Testing dan Rekomendasi Pengembangan Student Centered E-Learning Environment Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia SCeLE Fasilkom UI saat ini sudah sangat lekat keberadaannya dalam aktivitas pembelajaran di Fasilkom UI, serta masih mengalami pengembangan dan penyempurnaan secara berkesinambungan. Namun, pengujian terhadap aspek usability SCeLE Fasilkom UI sebagai sistem e-Learning belum pernah dilaksanakan, sehingga belum diketahui seperti apa penggunaan SCeLE Fasilkom UI sebagai sarana pendukung perkuliahan di Fasilkom UI, serta hal-hal apa yang dapat membuat atau menghalangi SCeLE Fasilkom UI menjadi sistem e-Learning yang mendekati ideal. Dimotivasi oleh hal tersebut, Penulis melihat urgensi untuk menyusun rekomendasi perubahan sistem SCeLE Fasilkom UI berdasarkan hasil usability testing pada sistem tersebut yang merefleksikan pengalaman baik mahasiswa maupun dosen, dalam memanfaatkan sistem e-Learning ini. Aktivitas pembelajaran yang akan diamati berupa blended mode online learning yang dijalani oleh mahasiswa Program Sarjana Fasilkom UI. Pelaksanaan pengumpulan data pada usability testing dilakukan dengan kuesioner dan wawancara untuk mahasiswa serta wawancara dengan dosen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan dinterpretasi untuk memperoleh data yang berupa identifikasi masalah usability, serta alternatif solusi. Analisis untuk data kuantitatif menggunakan nilai central tendency sebagai acuan, adapun analisis data kualitatif dilakukan dengan metode theme-based content analysis. Interpretasi data dilakukan dengan menentukan bagaimana penanganan setiap data berdasarkan temanya, serta mengelompokkan masalah-masalah tersebut berdasarkan tingkat keparahan (severity). Rekomendasi pengembangan untuk menyelesaikan masalah usability yang teridentifikasi didasarkan pada data yang berupa saran didukung dengan studi pustaka. Diperoleh tujuh rekomendasi utama dan satu rekomendasi tambahan. Rekomendasi utama adalah rekomendasi yang diyakini dapat menyelesaikan setidaknya satu masalah usability. Adapun rekomendasi tambahan berupa rekomendasi yang tidak berkaitan langsung dengan masalah usability yang teridentifikasi, namun dianggap dapat meningkatkan kualitas usability SCeLE Fasilkom UI. Kata Kunci: blended mode online learning, e-Learning, kuesioner, pengalaman pengguna, rekomendasi pengembangan, theme-based content analysis, usability, usability testing, wawancara vii