Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1407 (Softcopy SK-889)
Collection Type Skripsi
Title Perpindahan Kepercayaan dan Dampaknya Terhadap Keinginan untuk Menggunakan E-Payment di C2C EMarketplace
Author Septi Rito Tombe;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1407 (Softcopy SK-889) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43237
ABSTRAK Nama : Septi Rito Tombe Program Studi : Sistem Informasi Judul : Perpindahan Kepercayaan dan Dampaknya Terhadap Keinginan untuk Menggunakan E-Payment di C2C EMarketplace Consumer-to-consumer (C2C) e-marketplace merupakan salah satu bentuk ecommerce yang sangat populer saat ini. Faktor yang penting dalam C2C emarketplace adalah kepercayaan kepada penjual dan sistem e-payment. Kepercayaan kepada penjual dan sistem e-payment dapat memengaruhi keinginan pelanggan untuk menggunakan e-payment pada situs tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perpindahan kepercayaan dari penjual ke sistem e-payment, sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap niat untuk menggunakan sistem tersebut dalam C2C e-marketplace. Selain itu, penelitian ini menyelidiki sumber kepercayaan terhadap penjual dan sistem epayment pada situs C2C e-marketplace. Metode yang dipakai untuk analisis data pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik structural equation modelling (SEM) menggunakan aplikasi AMOS 22.0. Jumlah responden yang dikumpulkan sebanyak 249 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan kepada penjual dipengaruhi oleh disposition to trust dan reputasi positif. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan kepercayaan pada sistem e-payment dipengaruhi oleh kualitas e-payment tersebut dan rekomendasi dari orang lain. Pada penelitian ini terbukti bahwa perpindahan kepercayaan kepada penjual ke sistem e-payment dapat memengaruhi keinginan untuk menggunakan sistem e-payment tersebut. Kata kunci: AMOS, C2C e-marketplace, e-payment, kepercayaan, niat untuk menggunakan, perpindahan, SEM, sumber kepercayaan