Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1437 (Softcopy SK-919)
Collection Type Skripsi
Title Pengaruh keamanan dan privasi terhadap repurchase intention pada customer-to-customer (C2C) electronic marketplace
Author Intan K. Utami;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1437 (Softcopy SK-919) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43495
ABSTRAK Nama : Intan K. Utami Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengaruh Keamanan dan Privasi Terhadap Repurchase Intention Pada Customer-to-Customer (C2C) Electronic Marketplace Penggunaan customer-to-customer (C2C) electronic marketplace semakin luas dewasa ini. Keamanan dan privasi merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh pelanggan ketika melakukan transaksi pada e-marketplace. Di Indonesia, keamanan merupakan salah satu permasalahan penting yang dialami oleh bisnis online. Hal tersebut juga diperkuat dengan kasus pembobolan akun yang terjadi pada salah satu situs perbelanjaan elektronik terbesar di Indonesia pada April 2016. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang pada e-marketplace yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keamanan dan privasi mempengaruhi repurchase intention pada C2C e-marketplace. Data dari 375 responden diperoleh untuk kemudian diolah menggunakan tools SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh keamanan dan privasi terhadap repurchase intention melibatkan customer satisfaction dan customer trust. Keamanan berpengaruh positif terhadap customer satisfaction melalui dimensi confidentiality dan availability dan berpengaruh positif terhadap customer trust melalui dimensi confidentiality. Adapun privasi berpengaruh positif terhadap customer satisfaction melalui dimensi control dan awareness dan tidak berpengaruh positif terhadap customer trust. Selain itu, customer satisfaction terbukti memiliki pengaruh positif terhadap customer trust. Sementara itu, keamanan dan privasi tidak terbukti memiliki pengaruh positif terhadap repurchase intention. Customer satisfaction dan customer trust masing-masing berpengaruh positif terhadap repurchase intention. Kata kunci: Keamanan, privasi, repurchase intention, C2C e-marketplace