Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1448 (Softcopy SK-930)
Collection Type Skripsi
Title Analisis model penerimaan locaton based advertising (LBA) oleh pengguna perangkat mobile
Author Safira Azelytta;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1448 (Softcopy SK-930) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43508
ABSTRAK Nama : Safira Azelytta Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Model Penerimaan Location Based Advertising (LBA) oleh Pengguna Perangkat Mobile Perkembangan teknologi pada saat ini sudah semakin pesat, terutama yang paling dirasakan adalah perkembangan teknologi perangkat mobile. Perkembangan tersebut dimanfaatkan oleh para perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka melalui media komunikasi tersebut. Hal ini dikenal dengan mobile advertising. Melalui perangkat mobile, pengiklan dapat mengirimkan pesan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan terkait produk atau jasa yang mereka berikan. Salah satu jenis mobile advertising adalah location based advertising (LBA). LBA adalah iklan yang dikirimkan kepada pengguna perangkat mobile berdasarkan lokasi keberadaan pengguna tersebut. Walaupun dapat meningkatkan efektifitas proses pemasaran, LBA memiliki beberapa masalah yang merugikan terutama bagi pihak pemasang iklan, yaitu tidak semua orang mau untuk membaca atau menanggapi LBA yang dikirimkan kepadanya, mereka cenderung mengabaikan dan tidak menggubris pesan tersebut. Hal inilah yang memicu penulis untuk mencari tahu faktor-faktor apa saja yang memengaruhi penerimaan pengguna perangkat mobile terhadap LBA di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi kepada pihak provider telekomunikasi, dan pemasang iklan agar iklan yang dikirimkan melalui LBA dapat lebih diterima oleh pengguna perangkat mobile. Kerangka pemikiran yang dirancang pada penelitian ini mengadopsi beberapa model-model penelitian sebelumnya yang terkait mobile advertising dan disesuaikan dengan konteks LBA di Indonesia. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan mendapatkan total 656 responden. Kemudian data tersebut diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis kovarians, yaitu dengan bantuan program AMOS. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa faktor informativeness, entertainment, irritation, incentive, personal trust, institutional trust, perceived control, advertising value dan permission mempengaruhi penerimaan pengguna perangkat mobile terhadap LBA di Indonesia. Kata kunci: AMOS, locati