Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1480 (Softcopy SK-962)
Collection Type Skripsi
Title Pengaruh persepsi pengguna dan interaksi terhadap kepercayaan antarapribadi dan dampaknya terhadap niat jual beli pengguna pada situs C2C e-commerc
Author Fanny Tashia;
Publisher Depok: Fak. Ilmu Komputer, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1480 (Softcopy SK-962) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43553
ABSTRAK Nama : Fanny Tashia Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengaruh Persepsi Pengguna dan Interaksi terhadap Kepercayaan Antarpribadi dan Dampaknya terhadap Niat Jual Beli Pengguna pada Situs C2C E-commerce Penggunaan situs C2C e-commerce untuk berbelanja dan berjualan terus meningkat dari waktu ke waktu. Untuk transaksi pada situs C2C e-commerce berjalan, diperlukan kepercayaan antarpribadi baik bagi pembeli maupun penjual. Kepercayaan penting sifatnya untuk keberlangsungan situs C2C e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan antarpribadi terhadap niat jual beli pengguna situs C2C e-commerce. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki pengaruh persepsi dan interaksi terhadap terbentuknya kepercayaan antarpribadi. Metode yang dipakai untuk analisis data pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik partial least square (PLS) menggunakan SmartPLS. Penelitian ini berhasil mengumpulkan 776 pembeli dan 106 penjual sebagai responden penelitian ini. Penelitian ini membandingkan hal-hal yang mempengaruhi kepercayaan pada penjual dan pembeli dan menemukan bahwa kepercayaan terhadap penjual dipengaruhi oleh expertise dan opportunism penjual sedangkan kepercayaan terhadap pembeli dipengaruhi oleh opportunism pembeli dan interaksi antara kedua pihak. Selain itu, tidak hanya menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap penjual mempengaruhi niat berbelanja, penelitian ini membuktikan bahwa kepercayaan terhadap pembeli mempengaruhi niat berjualan pengguna. Kata kunci: C2C e-commerce, kepercayaan, niat berbelanja, niat berjualan, PLS, persepsi, interaksi