Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1485 (Softcopy SK-967)
Collection Type Skripsi
Title Penyusunan kerangka untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas knowledge management system (KMS) dengan mengintegrasikan KM Quality model kano dan quality function deployment (QFD): studi kasus Binusmaya
Author Nur'aini Syamsiah;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1485 (Softcopy SK-967) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43568
ABSTRAK Nama : Nur’aini Syamsiah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Penyusunan Kerangka untuk Mengevaluasi dan Meningkatkan Kualitas Knowledge Management System (KMS) dengan Mengintegrasikan KM Quality, Model Kano, Dan Quality Function Deployment (QFD): Studi Kasus Binusmaya Pengetahuan merupakan aset yang sangat penting bagi sebuah organisasi dan dapat memberikan banyak manfaat seperti memberikan nilai tambah, memunculkan inovasi, dan competitive advantage bagi organisasi. Penggunaan KMS di sebuah organisasi digunakan untuk mendukung pengelolaan pengetahuan dan harus mendapat dukungan dari anggota organisasi, sehingga implementasi KM berjalan dengan baik di organisasi tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap kualitas KMS di sebuah organisasi yang harus diimbangi dengan rekomendasi untuk melakukan peningkatan kualitas KMS yang telah diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu kerangka yang dapat mengevaluasi dan memberikan rekomendasi terkait kualitas KMS dengan mengintegrasikan KM Quality, Model Kano dan Quality Function Deployment. Penelitian ini menggunakan 5 kategori KM Quality dengan 30 atribut yang menjadi kriteria penilaian sebuah KMS. Kerangka yang berhasil disusun kemudian diterapkan ke Binusmaya yang merupakan sebuah KMS dari BINUS University. Dari 30 atribut yang dinilai, diperoleh 18 atribut dengan kategori Indifferent (I), 7 atribut dengan kategori One dimensional (O), 4 atribut dengan kategori Attractive (A), dan 1 atribut dengan kategori Must be (M) serta terdapat 7 Technical Response yang akan digunakan untuk meningkatkan 12 atribut dengan kategori A, O, dan M tersebut. Kata kunci: Knowledge Management, Knowledge Management System, KM Quality, Model Kano, Quality Function Deployment , House of Quality, Gap Score , Technical Response, Nilai Harapan, Nilai Kenyataan viii Universitas Indonesia