Call Number | KA-869 (softcopy KA-867) MAK KA-526 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Dampak faktor pemenuhan kepuasan dari penggunaan twitter terhadap pembentukan modal sosial serta niat penyebaran informasi: studi kasus partai gerindra |
Author | R.Berhard Humardani Saragih; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2016 |
Subject | Social Media |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-869 (softcopy KA-867) MAK KA-526 | Indonesia | TERSEDIA |
Semakin berkembangnya media sosial akhir-akhir ini, mendorong penelitian tentang motif dalam penggunaan media sosial. Penelitian lainnya untuk melihat dampak penggunaan media sosial terhadap terbentuknya manfaat dari hubungan sosial tersebut dengan menggunakan modal sosial. Walaupun banyak penelitian tentang motif penggunaan media sosial menggunakan teori Uses and Gratification, tetapi masih sedikit yang mengkaji hubungan antara motif penggunaan media sosial dengan kekuatan modal sosial yang terbentuk, oleh karena itu Penelitian ini menggabungkan teori Uses and Gratification dan pembentukan Bonding Social Capital dan Bridging Social Capital sekaligus niat penyebaran informasi di Twitter. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan partial least squares (PLS-SEM) terhadap 377 responden yang merupakan Follower Partai Gerindra. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motif pencarian informasi (information seeking), panduan (guidance), interaksi sosial (social interaction), dan hiburan (entertainment) memberikan pengaruh positif terhadap Bridging Social Capital, tetapi motif pencarian informasi (information seeking) dan panduan (guidance) tidak berpengaruh positif terhadap Bonding Social Capital. Kaitan penyebaran informasi di Twitter terlihat bahwa Bridging Social Capital memiliki pengaruh positif tetapi Bridging Social Capital tidak terbukti.