Call Number | KP-2303 (Softcopy KP-1865) |
Collection Type | Kerja Praktek (KP) |
Title | Analisis dan Desain Aplikasi Service Desk Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia |
Author | Nur Rochmah Alfiah; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2016 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KP-2303 (Softcopy KP-1865) | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Nur Rochmah Alfiah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis dan Desain Aplikasi Service Desk Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Laporan ini disusun mengenai pelaksanaan kerja praktik penulis di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia yang terletak di Jakarta. Pelaksanaan kerja praktik berlangsung selama 8 minggu yaitu sejak 13 Juni 2016 – 12 Agustus 2016. Penulis ditempatkan di subbidang pengembagan aplikasi sebagai system analyst untuk proyek aplikasi service desk Kemkominfo. Ruang lingkup system analyst yaitu analisis dan desain sistem berdasarkan hasil dari pengumpulan kebutuhan pengguna. Pada laporan ini penulis menjelaskan tentang proses pencarian kerja praktik berikut pertimbangan memilih tempat kerja praktik, sumber informasi dan proses yang dilalui penulis sampai diterima di tempat kerja praktik. Penulis juga menjelaskan tentang profil tempat kerja praktik, posisi penempatan penulis dalam struktur organisasi Kemkominfo dan analisis penulis yaitu tentang kesesuaian dan perbedaan Kerangka Acuan Kerja Praktik (KAKP) dengan pelaksanaan kerja praktik. Ada pula penjelasan tentang pekerjaan penulis yang meliputi latar belakang pekerjaan, metodologi yang digunakan, deliverables dan sampel pekerjaan, teknologi yang digunakan selama melaksanakan kerja praktik, serta aspek non-teknis yang penulis kembangkan selama melaksanakan kerja praktik. Selain itu, penulis juga menjelaskan tentang kendala yang dialami penulis selama kerja praktik dan relevansi pekerjaan dengan yang telah dipelajari selama perkuliahan. Kata kunci: Kemkominfo, kerja praktik, service desk, system analyst