Call Number | KA-919 (Softcopy KA-917) MAK KA-576 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention konsumen dalam menggunakan situs marketplace penyedia perjalanan wisata: studi kasus triptrus.com |
Author | Zaenal Arifin; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2017 |
Subject | Online marketplac |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-919 (Softcopy KA-917) MAK KA-576 | Ind | TERSEDIA |
Triptrus.com sebagai salah satu marketplace pariwisata terdepan di Indonesia, untuk tetap memenangkan persaingan dengan situs pariwisata lainnya dan para agen perjalanan wisata, PT Jalan Terus Indonesia selaku pengelola Triptrus.com perlu meningkatkan niat beli (purchase intention) konsumennya. Dari niat beli tersebut diharapkan terjadi peningkatan partisipasi dalam perjalanan wisata (joint trip) dimana konsumen melakukan transaksi pembayaran secara online melalui Triptrus. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi niat beli konsumen terhadap paket wisata secara online yang ada pada situs marketplace Triptrus. Untuk itu, dilakukan pengumpulan data melalui survei pada 441 responden yang menjadi member situs Triptrus dan komunitas/ forum wisata online lainnya, dan hasilnya diolah menggunakan CBSEM AMOS v22. Dari pengolahan data didapatkan faktor yang mempengaruhi niat beli (purchase intention) terhadap paket perjalanan wisata online yaitu online WOM dan determinan dari theory of planned behavior yaitu attitude, subjective norm dan perceived behavioral control. Selain itu, online WOM juga berpengaruh terhadap destination trust, subjective norm dan perceived behavioral control, perceived relative advantage juga berpengaruh terhadap attitude.