Tidak ada review pada koleksi ini: 44837
ABSTRAK
Teknologi ICT baik yang berupa audio,video,komputer dan internet (web), kini dimanfaatkan diberbagai bidang termasuk dbidang pertanian. Pemanfaatan teknologi ICT dengan menggunakan internet atau web dikenal dengan nama e-agriculture atau e-agribusiness. Sementara itu pemanfaatan audio dan video khususnya televisi (TV) sering berupa iklan produk-produk pertanian atau bisnis dibidang usaha pertanian.
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan sampai seberapa besar peran TV dalam meningkatkan portfolio bisnis penjualanan produk pertanian ‘Minute Maid Puply Orange (MMPO), sebuah produk minuman buatan perusahaan Coca-Cola. MMPO merupakan minuman rasa buah dengan kandungan jus serta bulir jeruk asli yang memiliki kandungan vitamin C untuk kebutuhan tubuh sehari-hari. Minuman ini termasuk baru di Indonesia (masuk diawal 2008) setelah produk tersebut laku keras di Luar Negeri.
Sebuah penelitian dilakukan terhadap 55 sampel di kota Malang yang diminta untuk menilai efektivitas pemanfaatan tv sebagai media iklan produk baru MMPO. Sebab dengan iklan diharapkan konsumen akan punya atensi, minat, ingin, kepercayaan dan keputusan membeli. Karena itu sajian dan isi iklan harus menarik. Analisis Atribut Produk digunakan untuk Uji Validitas dan Realibilitas. Kemudian Uji Cochran Q digunakan untuk mencari atribut mana yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli MMPO yang diiklankan di TV.
Hasil uji stastistik menunjukan bahwa atribut isi, gambar menarik, tampilan skim warna, harga, rasa, kualitas, jaminan halal, higienis, masa kadarluasa, dan daya beli adalah yang menentukan banyaknya konsumen yang membeli. Dari variabel tersebut ada tiga variabel yang paling dominan mempengaruhi konsumen membeli MMPO yaitu isi iklan, harga, dan kualitas. Dapat dijelaskan bahwa peran ICT (dalam hai ini TV) berperan signifikan bila (i) Isi iklan dapat dipercaya, (ii) Manfaat produk yang diiklankan meyakinkan, dan (iii) Ada kejelasan kelebihan produk yang diiklankan.
Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan ICT dalam bidang pertanian sangat signifikan yaitu dapat meningkatkan portfolio perusahaan seperti ditunjukan oleh indikator semakin banyaknya pembeli. Tentu saja syaratnya adalah bagaimana memanfaatkan ICT itu dengan baik dan benar, dimana dalam konteks ini iklan produk pertanian di TV harus mampu menyuguhkan isi iklan yang dapat dipercaya, manfaat produk yang meyakinkan dan ada kejelasan manfaat atau kelebihan produk tersebut dibandingkan produk lainnya .
Kata Kunci: ICT, pertanian, iklan TV.