Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1616 (Softcopy SK-1098)
Collection Type Skripsi
Title Desain dan Modifikasi LMS Moodle untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Online yang Melibatkan Domain Psikomotor Tingkat Guided Response.
Author Diego Perdana;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1616 (Softcopy SK-1098) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46147
ABSTRAK Nama : Diego Perdana Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Desain dan Modifikasi LMS Moodle untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Online yang Melibatkan Domain Psikomotor Tingkat Guided Response. E-Learning telah memiliki berkembang tidak hanya sebagai online course namun juga sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi. Hal ini ditandai dengan dikembangkannya open source learning management system(OS-LMS) yang digunakan untuk membangun sistem e-Learning yang interaktif. Salah satu strategi pembelajaran dalam perkuliahan adalah penggunaan berbagai macam praktik yang berkatian dengan domain psychomotor untuk mengasah keterampilan motorik. Taksonomi psychomotor domain telah dipakai dalam mendesain pembelajaran berbasis motorik tersebut. Meskipun demikian, belum ada implementasi desain dan evaluasi terhadap e-Learning dengan desain instruksional yang terfokus pada taksonomi psychomotor domain untuk menunjang praktikum pada tingkat perkuliahan. Penelitian ini dilakukan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi desain instruksional tersebut. Implementasi dan modifikasi konsep LMS Moodle untuk melibatkan domain psikomotor menggunakan metode user evaluation. Metode ini menggabungkan data kualitatif (usability testing) dan kuantitatif (kuesioner e-Learning usability scale). Dengan mengambil studi kasus mata kuliah Embedded System di Universitas Indonesia, hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem e-Learning berbasis Moodle yang menerapkan taksonomi psychomotor domain pada tingkat guided response mampu diimplementasikan pada pembelajaran di tingkat perkuliahan. Implementasi pembelajaran online yang dibantu dengan beberapa metode desain instruksional tersebut, menunjukkan adanya peningkatan efektivitas pembelajaran dan penyampaian konsep. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa taksonomi pscychomotor domain tingkat guided response mampu diimplementasikan dengan sepuluh spesifikasi yang didapatkan dari requirement gathering. Selain itu terdapat saran perbaikan baik secara desain antarmuka yang sudah dibuat maupun konten pembelajaran dalam mata kuliah yang dapat dijadikan dasar penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Psychomotor Domain, Moodle, Usability Testing, E-Learning Usability Scale, ADDIE