Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1115 (Softcopi KA-1109) MAK KA-761
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Strategi manajemen kualitas data untuk meningkatkan kualitas data pelanggan: studi kasus pada PT XYZ fungsi korporasi program digital
Author Pranedya Aldis Satriya;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2018
Subject Data quality
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1115 (Softcopi KA-1109) MAK KA-761 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46219
ABSTRAK

Bisnis digital merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan pada era informasi saat ini. Informasi penting dapat diperoleh dari mewawas data yang berkualitas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi. Data pelanggan yang dimiliki oleh PT XYZ menjadi bahan inti dalam strategi pengembangan program digital. Data yang terkumpul dari beberapa unit bisnis memiliki kualitas data yang rendah. Tantangan tersebut menjadi perhatian manajemen, sehingga butuh pengelolaan kualitas data yang baik untuk meningkatkan kualitas data pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap empat narasumber dan studi dokumen perusahaan. Penilaian kualitas data dilakukan dengan menggunakan Big Data Quality Assessment dari ‘Cai and Zhu’ dan tingkat kematangan kualitas data menggunakan Data Quality Framework dari Loshin untuk mengetahui karakteristik yang kurang dalam pengelolaan kualitas data. Hasil tersebut dipetakan berdasarkan praktik manajemen kualitas data Data Management Body of Knowledge (DMBOK) dari DAMA institute untuk menyusun rekomendasi strategi pengelolaan kualitas data. Pengukuran tingkat kematangan kualitas data pelanggan PT XYZ berada pada level 2 (repeatbele). Rekomendasi yang dihasilkan yaitu: menentukan proses dan prosedur untuk menetapkan tanggung jawab dan akuntabilitas untuk semua aspek manajemen data, penerapan pengelolaan metadata, melakukan proses analisis data pelanggan, melakukan penambahan proses validasi data terhadap setiap elemen kualitas data, merumuskan Service Level Agreements (SLA), merumuskan data profiling untuk data pelanggan, menyusun Standard Operating Procedure (SOP), menerapkan manajemen pelacakan insiden, dan melakukan evaluasi pengelolaan data secara berkala.