Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1246 (Softcopy T-754) Source T-318 Mak T-51
Collection Type Tesis
Title Representing dynamic difficuly in turn based rolf playing games using monte carlo tree search
Author Hafiz Adhiyasa Pratama;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1246 (Softcopy T-754) Source T-318 Mak T-51 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46820
ABSTRAK Nama : Hafiz Adhiyasa Pratama Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Merepresentasikan Dynamic Difficulty pada Turn Based Role Playing Games Menggunakan Monte Carlo Tree Search Hampir pada semua video games atau permainan digital, tingkat kesulitan adalah salah satu aspek yang dibutuhkan selama game dimainkan. Untuk itu dibutuhkan pengaturan tingkat kesulitan yang mempu menyesuaikan diri dengan tingkat kemampuan pemain selama pemain tersebut menyelesaikan tantangan dan tujuan utama pada game tersebut. Khususnya pada Role Playing Game (RPG), salah satu genre pada permainan digital yang memiliki aspek yang lebih luas. Pada pengembangannya, para developer RPG mengalami masalah saat menyesuaikan tingkat kesulitan yang mana dapat memuaskan seluruh tipe pemain dengan kemampuan yang berbeda-beda. Apa yang cocok untuk suatu pemain belum tentu cocok untuk pemain lainnya. Untuk mengatasi masalah ini Monte Carlo Tree Search (MCTS) diusulkan untuk menyesuaikan tingkat kesulitan secara dinamis pada permainan RPG. Karena itu sebuah eksperimen akan dilakukan, dimana tujuan dari metode MCTS tersebut akan melakukan penyesuaian pada AI musuh dalam game tersebut untuk bertanding secara seimbang dengan kemampuan pemain serta variasi dari MCTS mana yang lebih baik untuk game RPG. Kata Kunci: RPG; Monte Carlo Tree Search ; Artifical Inteligence; Dynamic difficulty.