Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1286 (Softcopy KA-1280) MAK KA-932
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis faktor-faktor yang memengaruhi praktik knowledge sharing dan dampaknya pada kinerja unggul: studi kasus PT PLN (persero)
Author Berkat Lusiana Pardosi;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2020
Subject Knowledge Sharing
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1286 (Softcopy KA-1280) MAK KA-932 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48117
ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian organisasi PLN pada survei efektivitas organisasi PLN dalam hal kriteria kesiapan budaya berkinerja unggul yang berada di bawah target. Pencapaian yang tidak sesuai target tersebut menjadi masalah karena arah strategis Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada periode 2020-2025 adalah masa unggul (excellence). Perusahaan memerlukan upaya untuk mempertahankan atau memperoleh keunggulan kompetitif, salah satunya dengan menerapkan knowledge sharing. Knowledge sharing diharapkan mampu memperkuat hubungan budaya unggul dan kinerja organisasi, namun kegiatan knowledge sharing belum menjadi budaya yang melekat dan belum dapat dijamin keberlanjutannya, khususnya di level manajemen, padahal perusahaan berharap budaya berbagi pengetahuan ini dapat meningkat. PLN pun telah menyediakan sarana online knowledge sharing untuk pengambilan dan penyampaian informasi bagi pegawai, atau yang disebut dengan portal KM. Namun pengguna portal KM masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah seluruh pegawai. Padahal aliran aset pengetahuan harusnya berjalan rutin sehingga mendorong tumbuhnya inovasi yang relevan dengan strategi perusahaan dan meningkatkan pencapaian kinerja unggul. Dengan penelitian ini, akan dilakukan survei terkait faktor-faktor yang memengaruhi praktik knowledge sharing perusahaan dan dampaknya terhadap kinerja unggul. Pengumpulan data dilakukan dengan sampling kuantitatif secara teliti pada fase pertama dan kualitatif pada fase kedua. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan melakukan sebuah survei berupa penyebaran kuesioner terhadap 688 responden, dengan jumlah kuesioner yang kembali dan valid sebanyak 170 kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM untuk olah data hasil kuesioner, yaitu dengan bantuan tools SmartPLS 3. Pada fase kualitatif, dilakukan validasi terhadap tiga pakar di bidang knowledge management di PLN untuk menghasilkan rekomendasi dalam meningkatkan kegiatan knowledge sharing dan dampaknya pada pencapaian kinerja unggul. Penelitian ini menggunakan metode penarikan kesimpulan dengan cara deduktif, yaitu kesimpulan dan saran dibuat berdasarkan hasil dari pembahasan. Hasil dari penelitian ini, faktorfaktor yang terbukti berpengaruh terhadap praktik knowledge sharing adalah management support, organization cullture, dan information and communication technology. Sedangkan pengaruh praktik knowledge sharing terhadap kinerja unggul memiliki pengaruh signifikan pada organization growth, cost reduction, dan innovativeness.

Favorite
An algorithm for a class of direct and inverse scattering problems, Hal. 237-243
Author: Raadhakrishnan Poovendra; | Publisher: Proceedings the fourth symposium on the frontiers'92 frontiers of massively parallel computation October 19-21, 1992/edited H.J. Siegel
[Remove]
Pengembangan aplikasi Informasi Monitoring Eksportir (IME)
Author: Satrio Dwi Huripto; | Publisher: Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2014
[Remove]
Turbo assembler 2.0 reference guide
Author: | Publisher: Scotts Valley: Borland International INC, 1990
[Remove]
A quantitative approach to the design of an optimized hardware interpreter for java byte-code
Author: C. Masera G. Pinccinini, M. Ruo Roch, M. Zamboni; | Publisher:
[Remove]
Selected papers on Mathematical trends in control theory
Author: Bellman, Richard; | Publisher: New York, Dover Pub.; 1964
[Remove]
Avoiding energy-hole in wireless sensor networks with hybrid communication model, 149-152
Author: Huiyong Yuan, Jianbo Wang, Jinsheng Xie; | Publisher: Proceedings 2011 4th IEEE International Conference on computer science and information technology Juni 10-12, 2011 Chengdu, China (ICCSIT 2011)
[Remove]