Pengarang | Cut Syifa Salvira; |
Pembimbing | Harry Budi Santoso |
Kata Kunci | Bahasa Isyarat, Anak Tunarungu, Orang Tua Anak Tunarungu, User-Centered Design, Usability |
Tahun buku | 2020 |
Barcode RFID baru | 11666647 |
Tahun Angkatan | 2016 |
Progam Studi | Sistem Informasi |
Lokasi | FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang | 12/08/2020 |
Abstrak Indonesia | ABSTRAK Nama : Cut Syifa Salvira Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Desain Interaksi Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat untuk Orang Tua Anak Tunarungu Menggunakan User- Centered Design Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom, M.Kom, Ph.D & Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc. Bahasa yang dapat diakses anak tunarungu secara natural adalah bahasa isyarat. Pada usia kritis, yaitu saat anak berusia 0-4 tahun, otak anak masih plastis. Pada usia ini, anak perlu secara reguler mendapat pemaparan bahasa yang dapat diakses atau anak akan mengalami kendala dalam berbahasa yang berujung pada kendala lain. Namun, banyak orang tua anak tunarungu yang belum menyadari sepenuhnya metode yang baik dalam mengajarkan dan berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Penelitian ini bertujuan memberikan salah satu bentuk solusi untuk orang tua anak tunarungu mempelajari dasar-dasar bahasa isyarat agar dapat mendidik dan berkomunikasi dengan anak melalui bahasa yang dapat diakses anak tunarungu. Pengembangan desain antarmuka solusi aplikasi ini menggunakan metode user-centered design. Pengumpulan masalah dan kebutuhan dilakukan dengan melakukan wawancara dengan orang tua anak tunarungu dan wawancara dengan psikolog. Setelah desain antarmuka dibuat dalam bentuk prototipe, dilakukan evaluasi kualitatif dengan usability testing dan kuantitatif dengan System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil evaluasi yang diberikan pengguna, aplikasi pembelajaran bahasa isyarat untuk orang tua memiliki usability yang cukup baik dan memiliki skor SUS yang cukup tinggi. Kata kunci: Bahasa Isyarat, Anak Tunarungu, Orang Tua Anak Tunarungu, User-Centered Design, Usability |
Judul | Pengembangan desain interaksi aplikasi pengenalan bahasa isyarat untuk tua anak tunarungu menggunakan user centered design |
NPM | 1606894995 |
Abstrak English | ABSTRACT Name : Cut Syifa Salvira Study Program : Information System Title : Interaction Design Development of Sign Language Learning Application for Parents using User-Centered Design Counsellor : Harry Budi Santoso, S.Kom, M.Kom, Ph.D & Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc. The language that deaf children can naturally access is sign language. At the critical age, when a child is 0-4 years old, the child’s brain is still plastic. At this age, children need to start learning their accessible language regularly otherwise children will have language deprivation that can leads to other cognitive problems. However, many hearing parents do not understand good methods on how to teach children and communicating with sign language. This research provides one form of solution for parents of deaf children to learn basic of language that is accessible for deaf children, sign language. The interface of this application was designed using user-centered design approach. Requirement gathering was done by conducting interviews with parents of deaf children and interview with a psychologist. After the prototype was made, the design was evaluated qualitatively by conducting usability testing and quantitatively using System Usability Scale (SUS). Based on the evaluation results, the proposed prototype of sign language learning application for parents have overall good usability and have a fairly high SUS score. Keywords: Sign Language, Deaf Children, Deaf Children Parent, User-Centered Design, Usability |
Penguji 2 | Kasiyah |
Pembimbing 1 | R. Yugo Kartono Isal |
Fisik | xv, 159 hlm.: ill.; 30 cm. |
Bahasa | ind |
Penerbitan | Depok: Fasilkom UI, 2020 |
No. Panggil | SK-1764 (Softcopy SK-1246) |
Penguji 1 | Erdefi Rakun |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-1764 (Softcopy SK-1246) | TERSEDIA |