Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1792 (Softcopy SK-1274)
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor yang memengaruhi perilaku self-disclosure pengguna pada jejaring sosial linkedin di Indonesia: perspektif privacy calculus dan trust belief
Author Yuvitri Annisa Dwityafani;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1792 (Softcopy SK-1274) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48261
ABSTRAK Nama : Yuvitri Annisa Dwityafani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Perilaku Self-disclosure Pengguna Jejaring Sosial LinkedIn di Indonesia: Perspektif Privacy Calculus dan Trust Belief Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto S.Kom., M.Kom dan Larastri Kumaralita S.Kom., M.Sc. Pengungkapan informasi pribadi atau self-disclosure adalah proses komunikasi yang berfungsi untuk mengungkapkan diri maupun informasi pribadi kepada orang lain. LinkedIn merupakan tempat untuk membangun presentasi diri yang diperoleh dari data profil yang dilengkapi pada LinkedIn. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor perceived benefits, privacy concern, trust in LinkedIn members dan provider, perceived control, privacy awareness, perceived likelihood, dan perceived severity terhadap perilaku self-disclosure pengguna LinkedIn. Penelitian ini menggunakan kerangka teori privacy calculus dan perluasan faktor kepercayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mendapatkan 661 responden yang disebarkan melalui kuesioner online. Penelitian ini menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan software AMOS 24.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi pengguna untuk mengungkapkan informasi profesionalnya pada LinkedIn di Indonesia adalah perceived benefits yang terdiri dari self-presentation, career advancement, developing professional network, learning and exchange information, privacy concern, perceived likelihood, perceived severity, trust in LinkedIn member dan perceived control. Kata kunci: LinkedIn, Self-disclosure, Privacy Calculus, Trust Belief, AMOS, Covariance Based Structural Equation Modelling