Tidak ada review pada koleksi ini: 48267
vii
Universitas Indonesia
ABSTRAK
Nama : Ramadhan Afwan Mutasodirin
Program Studi : Sistem Informasi
Judul Skripsi : Analisis Pengaruh Message Framing, Media Richness, dan
Message Evidence dalam Pesan Pengingat Terhadap
Pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah pada Badan Amil
Zakat Nasional
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto S.Kom., M.Kom dan
Ika Chandra Hapsari S.Kom., M.Kom.
Indonesia memiliki potensi pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (zis) yang
besar. Namun, potensi tersebut belum dapat dimaksimalkan dengan baik.
Kurangnya kesadaran masyarakat dan kepercayaan kepada pengelola zis menjadi
penyebab rutinitas membayar zis belum terbangun di masyarakat. Salah satu upaya
untuk meningkatkan pembayaran zis adalah memberikan pesan pengingat untuk
membayar zis. Penelitian ini menganalisis pengaruh message framing, media
richness, dan message evidence pada pesan pengingat terhadap pembayaran zis.
Lingkup penelitian ini meliputi pembayaran zis pada Badan Amil Zakat Nasional
(BAZNAS) sebagai lembaga resmi yang berwenang mengelola zis tingkat nasional.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan factorial design 2
(message framing : religious value vs social value) x 2 (media richness : text vs text
+ image) x 2 (message evidence : high evidence vs low evidence). Penelitian
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Pengolahan data
dilakukan pada 200 data responden dengan menggunakan metode analysis of
variance. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pemberian pesan religious value
memiliki pengaruh lebih tinggi terhadap intensi untuk loyal dibandingkan pesan
social value. Pesan dengan text + image lebih meningkatkan kepercayaan terhadap
organisasi dibandingkan pesan dengan text. Selain itu, pesan high evidence
meningkatkan kepercayaan terhadap organisasi dibandingkan pesan low evidence.
Lebih lanjut, pengaruh pesan dengan text + image dan high evidence memberikan
pengaruh lebih besar pada kepercayaan terhadap organisasi. Pemberian pesan
religious value, text + image, dan high evidence memiliki pengaruh lebih tinggi
dari pesan social value terhadap intensi untuk loyal. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kepercayaan terhadap organisasi dapat meningkatkan intensi untuk loyal
secara signifikan dan sebagai mediasi keseluruhan pengaruh media richness
terhadap intensi untuk loyal. BAZNAS dapat menerapkan hasil penelitian ini
sebagai upaya meningkatkan loyalitas pembayaran zis.
Kata kunci : Zakat, Infak, Sedekah, pesan pengingat, message framing, media
richness, message evidence, trust to organization, intention to loyal