Call Number | KA-1365 (Softcopi KA-1358) MAK KA-1009 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Analisis Faktor Penggunaan Electronic Personal Health Record (E-PHR) untuk Mengelola Kesehatan |
Author | Dira Ayu Meigasari; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2020 |
Subject | Behavioral Intention |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-1365 (Softcopi KA-1358) MAK KA-1009 | Ind | TERSEDIA |
Saat ini, layanan kesehatan atau organisasi mulai bergeser ke era digital dimana pengguna diberi akses ke Electronic Personal Health Record (E-PHR). Akses informasi E-PHR memungkinkan pengguna lebih efektif dalam mengelola kesehatan, tetapi sedikit yang diketahui tentang kemampuan penggunanya untuk berhasil menggunakan E-PHR dalam mengelola kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna dalam menggunakan layanan E-PHR. Faktor yang digunakan yaitu attitude, behavioral intention, health-care technology self efficacy, perceived ease-of-use, perceived privacy & security, perceived severity, perceived usefulness, subjective norm, dan usage behaviour. Pendekatan kuantitatif dan data diolah serta dianalisis dengan metode Covariance Based-Structural Equation Modelling (CB-SEM). 553 responden dari penelitian ini merupakan masyarakat Indonesia pengguna layanan E-PHR di aplikasi mobile health seperti Halodoc, KlikDokter, Alodokter, Pakdok, SehatPedia, dan lain sebagainya minimal satu kali. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa dari 14 hipotesis, terdapat 9 hipotesis yang diterima dan 5 hipotesis yang ditolak. Faktor yang memengaruhi secara langsung attitude pengguna layanan E-PHR antara lain healthcare technology selfefficacy, perceived ease-of-use, perceived privacy & security, dan subjective norm. Faktor lain yang memengaruhi secara langsung behavioral intention antara lain perceived privacy & security, perceived severity, subjective norm dan attitude pengguna dalam menggunakan layanan E-PHR untuk mengelola kesehatan.