Tidak ada review pada koleksi ini: 48356
ABSTRAK
Nama : Raden Ajeng Wuriandita Wahyumurti Candra Kirana Dewi
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Analisis Faktor Usability yang Mendorong Intensi Penggunaan
Berkelanjutan dan Loyalitas Aplikasi Mobile pada Aplikasi
Travel E-Commerce Mobile: Studi Kasus Traveloka
Pembimbing : Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom. dan
Dr. Panca Octavia Hadi Putra, B.Sc. (Hons), M.Bus.
Teknologi mobile merupakan metode yang efektif bagi perusahaan travel
e-Commerce dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggannya sehingga
timbul ketertarikan dan minat penggunaan. Selain itu, terdapat beberapa penelitian
yang menunjukan bahwa usability memiliki hubungan yang positif terhadap minat
penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile pada teknologi mobile.
Maka dari itu, untuk memahami kebutuhan pengguna serta mematangkan strategi
mobile, diperlukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui faktor usability mana
yang mendukung munculnya intensi penggunaan dan loyalitas aplikasi mobile
pada aplikasi travel e-Commerce.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan sequential mixedmethods QUAN-QUAL. Data kuantitatif dikumpulkan melalui survei daring
dengan memanfaatkan instrumen Mobile Application Usability (MAU) terhadap
aplikasi Traveloka. Sebelum digunakan, MAU diterjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia menggunakan metode cross-cultural adaptation. Data kualitatif
dikumpulkan melalui wawancara kontekstual dengan tujuan complementary dan
completeness. Hasil data kuantitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode
Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM), sedangkan hasil
data kualitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode koding kualitatif.
Berdasarkan hasil survei, variabel yang signifikan dalam memengaruhi intensi
penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile pada aplikasi Traveloka
adalah susunan antarmuka dan utilitas aplikasi. Selain itu, berdasarkan hasil
wawancara kontekstual, ditemukan faktor-faktor usability lain yang memengaruhi
intensi penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile, yaitu langkahlangkah yang logis, hierarki yang logis, hierarki yang efisien, langkah-langkah
yang efisien, pencarian, banyaknya pilihan preferensi, dan navigasi yang intuitif.
Hasil ini sejalan dengan hasil data kuantitatif yang menunjukkan bahwa faktor
yang lebih dominan tergabung dalam variabel yang signifikan. Walaupun
demikian, navigasi yang intuitif merupakan satu-satunya faktor yang dominan
selain dari variabel utilitas aplikasi dan struktur antarmuka sehingga bagian ini ix Universitas Indonesia
bertentangan dengan hasil data kuantitatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
menjadi acuan bagi perusahaan agen travel e-Commerce dalam mematangkan
strategi perancangan aplikasi mobile yang efektif dari segi usability guna
meningkatkan intensi penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile
pada aplikasi travel e-Commerce mobile di masa yang akan datang.
Kata Kunci:
Usability, Mobile Application, Travel E-Commerce, E-Booking, Loyalitas
Aplikasi Mobile, Intensi Penggunaan Berkelanjutan