Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1395 (Softcopy KA-1386) MAK KA-1037
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Strategi Manajemen Kualitas Data untuk meningkatkan kualitas data pelanggan: studi kasus pada PT Visionet Internasional (OVO)
Author Hilman Wisnu Siahaan;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2021
Subject Data quality, data quality management,
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1395 (Softcopy KA-1386) MAK KA-1037 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48507
ABSTRAK

Di era teknologi dan industri saat ini, penggunaan data menjadi salah satu hal yang penting bagi perusahaan, terutama dalam mendukung perusahaan untuk mencapai keunggulan secara kompetitif. Data pelanggan merupakan salah satu data yang paling penting dan paling banyak digunakan dalam OVO untuk menjalankan strategi dan mencapai visi perusahaan. Untuk itu dibutukan strategi yang baik dalam melakukan pengelolaan data pelanggan tersebut untuk mendapatkan kualitas data yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kematangan pengelolaan kualitas data yang saat ini dilakukan dan memberikan strategi manajemen kualitas data berdasarkan kerangka kerja Loshin (2011) dan DAMA-DMBOK Kerangka kerja Loshin mengidentifikasi kematangan dengan melihat kondisi dari 8 dimensi atau indikator. Dari hasil pengukuran tingkat kematangan didapatkan bahwa secara umum pengelolaan data kualitas di OVO sudah berada di level 3 (defined) dengan beberapa dimensi masih berada pada level 2 (repeatable). Selanjutnya dilakukan analisis kesenjangan terhadap harapan yang kemudian menjadi input untuk menyusun strategi manajamen untuk meningkatkan kualitas data di OVO. Adapun rekomendasi strategi manajemen yang dihasilkan yaitu penggunaan dimensi kualitas data yang diselaraskan dengan hasil review business rules, implementasi single source of truth, membentuk dan menentukan data stewards, membentuk dewan pengawas kualitas data, melakukan sertifikasi sumber data yang terpercaya, memberikan partisipasi terhadap business partner dalam aktifitas DQM, membangun metrik kualitas data yang selaras dengan bisnis, menetapakan SLA kualitas data, melakukan pemantauan aturan kualitas data, melakukan analisis dampak data, menyusun prosedur terkait DQM, melakukan pelaporan data quality scorecard secara rutin, menggunakan tools dalam pengecekan, menambahkan detail prosedur dalam pengawasan dengan metode otomatis, membangun aturan data yang selaras dengan bisnis, dan melakukan validasi data menggunakan aturan yang sudah didefenisikan.