Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1863 (Softcopy SK-1345)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor Teknis dan Sosial yang Memengaruhi Pengguna dalam Melakukan Donasi Melalui Media Sosial: Perspektif Social Cognitive Theory
Author Putri Rahma Arifa;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1863 (Softcopy SK-1345) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48802
ABSTRAK Nama : Putri Rahma Arifa Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor Teknis dan Sosial yang Memengaruhi Pengguna dalam Melakukan Donasi Melalui Media Sosial: Perspektif Social Cognitive Theory Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. & Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom. Meningkatnya popularitas media sosial di masyarakat memunculkan transformasi dari bentuk kegiatan berdonasi. Menyikapi hal tersebut, organisasi nonprofit mulai memanfaatkan media sosial sebagai media untuk melakukan penggalangan dana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor teknis dan faktor sosial yang memengaruhi pengguna dalam melakukan donasi melalui media sosial berdasarkan perspektif social cognitive theory. Untuk menentukan niat pengguna dalam berdonasi melalui media sosial, faktor teknis dan sosial dianggap sebagai aspek environment dan dihubungkan dengan aspek personal seperti self-efficacy dan outcome expectancies. Faktor teknis yang dianalisis adalah reputation dan sociability, sedangkan faktor sosial yang dianalisis adalah identification, interaction, dan information value. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode covariance based structural equation modelling (CB-SEM) dengan AMOS 24. Pada penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa faktor sosial dan teknis berpengaruh terhadap self-efficacy pengguna adalah faktor identification, sociability, dan reputation. Hanya faktor sosial seperti interaction dan identification yang berpengaruh terhadap outcome expectancies pengguna. Kedua faktor personal (self-efficacy dan outcome expectancies) terbukti berpengaruh terhadap attitude dan intention pengguna dalam berdonasi. Dengan hasil tersebut, organisasi nonprofit diharapkan dapat mengatur strategi penggalangan dana di media sosial dengan mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi pengguna dalam berdonasi melalui media sosial sehingga bisa meningkatkan jumlah donasi yang terkumpul di setiap penggalangan dana. Kata kunci: berdonasi, media sosial, niat, social cognitive theory, faktor teknis, faktor sosial, CB-SEM