Tidak ada review pada koleksi ini: 48804
ABSTRAK
Nama : Nabila Laili Halimah
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor Perceived Value, Commitment, Trust, dan Perspektif Information System Success Model Pada Perilaku Stickiness Pengguna Aplikasi Mobile Payment Studi Kasus: Flip
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto S.Kom., M.Kom & Dr. Panca Oktavia Hadi Putra B.Sc., M.Bus
Pembayaran seluler (mobile payment) merupakan salah satu inovasi di bidang teknologi yang hadir sebagai solusi kebutuhan transaksi masyarakat. Melihat peluang mobile payment yang semakin tinggi, banyak perusahaan teknologi finansial kini bermunculan dan berlomba-lomba menghadirkan layanan mobile payment. Selain jumlah pemain dalam industri mobile payment, biaya perpindahan yang relatif murah juga dapat mendorong perilaku pengguna untuk berganti ke aplikasi mobile payment lain menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, menjadi hal yang penting bagi penyedia layanan untuk mengetahui strategi yang tepat untuk mempertahankan, membuat pengguna kembali, dan tetap memilih aplikasi di masa mendatang. Salah satu cara untuk mengetahui strategi yang tepat adalah dengan mengevaluasi aspek-aspek dari sistem mobile payment yang ada saat ini. Maka pada penelitian ini dilakukan analisis faktor yang dapat memengaruhi pengguna untuk tidak berpindah dan tetap menggunakan aplikasi mobile payment. Penelitian ini menggunakan aplikasi Flip sebagai studi kasus penelitian. Penelitian ini mengintegrasikan kerangka teori information system success model, faktor perceived value, faktor commitment, dan faktor trust untuk mengetahui stickiness intention pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menyebar kuesioner secara online. Setelah disebarkan, terdapat 345 responden valid, yang selanjutnya diolah dan dianalisis dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLSSEM) menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari system quality dan service quality tehadap kepuasan pengguna, dan pengaruh signifikan dari system quality dan information quality pada perceived value. Penelitian juga menemukan adanya pengaruh dari commitment, trust, satisfaction, dan perceived value terhadap stickiness intention.
Kata kunci: Mobile payment, IS success model, Stickiness Intention, Flip, Perceived Value, Commitment, Trust